Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Yuk Lakukan Bun, Manfaat Berbicara dengan Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Siapa yang tidak suka jika diajak berkomunikasi dengan orang lain? Apalagi jika yang mengajak bicara adalah orang yang kita sayangi, tentu rasanya bahagia bukan main ya bun? Begitu juga halnya dengan janin yang ada di dalam kandungan. Sebab Menjalin komunikasi dengan si kecil tidak harus menunggu si kecil lahir, tapi hal ini juga dapat bunda lakukan saat si kecil masih berada di dalam kandungan. Janin di dalam kandungan sudah dapat mendengar suara yang datang dari luar, untuk itu bunda dapat mengajak si kecil berbicara untuk terus menstimulasi indera pendengarannya. Selain menyenangkan, ternyata aktivitas satu ini juga mempunyai segudang manfaat yang baik lho bagi perkembangan janin.

Kira-kira apa saja ya manfaat berbicara dengan janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Membantu perkembangan otak Janin

Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, sudah mampu untuk mendengar suara apapun dari luar kandungan. Penelitian tambahan menunjukkan bahwa janin tidak hanya mengetahui pola Bahasa. tetapi setelah lahir, si kecil dapat mengenali kata-kata yang pertama kali mereka dengar di dalam kandungan. Bunda juga dapat membacakan cerita untuk menstimulasi perkembangan otaknya. Jadi jika bunda ingin mengoptimalkan perkembangan otak janin, salah satu caranya adalah mengajak janin berkomunikasi.

2. Membangun Bonding atau Ikatan

Manfaat berbicara dengan janin lainnya adalah dapat membangun kedekatan antara bunda dan si kecil dengan baik. dengan sering mengajaknya berbicara, si kecil akan merasa lebih terikat dengan bunda begitu ia dilahirkan. Tak heran setelah lahir, suara bunda adalah suara favorit bagi si kecil. Asik fans bunda bertambah satu nih bun hehe.

3. Mengurangi Stress

Selama kehamilan, ada saja mungkin yang dapat membuat bunda stress. aktifitas bercengkrama dengan si kecil mungkin dapat mengurangi beban bunda. sebab bercerita adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi beban. Jadi bunda bisa memanfaatkan aktifitas berbicara dengan janin untuk melepaskan keresahan bunda, sebab bunda mempunyai pendengar kecil yang sangat setia hihi.

4. Melatih Pendengaran Janin

Tidak perlu menunggu saat kehamilan sudah besar, bunda dapat mengajak si kecil berbicara bahkan pada saat usianya masih 14 minggi, sebab di usia iniindera pendengaran janin sudah mulai terbentuk. Dengan mengajaknya berbicara, dapat menstimulasi indera pendengaran dan membantu mengoptimalkan pembentukan saraf neuron di dalam otak yang berfungsi untuk pendengaran.

5. Membantu Kemampuan Bicaranya di Kemudian Hari

Manfaat berbicara dengan janin juga akan terasa begitu bayi besar nanti. Sebab, otak si Kecil mampu menyimpan semua kata yang didengar si kecil saat masih dalam kandungan. Sehingga saat waktu berbicara tiba, ia akan lebih cepat karena menyimpan banyak memori kata yang ia dengar selama di dalam kandungan.

Nah itu dia bun beberapa manfaat berbicara dengan janin di dalam kandungan. Jadi sudahkan bunda mengajak janin berbicara hari ini? Hehe semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *