Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Yuk Kenali Hal yang Bisa Menyebabkan Pertumbuhan Janin Terhambat

Haloo Bund..

Selama masa kehamilan ada saja masalah yang bisa dialami oleh ibu hamil, oleh sebab itu ibu hamil harus selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga kehamilan. salah satu masalah yang bisa terjadi selama kehamilan adalah pertumbuhan janin yang terhambat. Pertumbuhan janin terhambat diartikan sebagai kondisi di mana berat janin tidak sesuai dengan masa kehamilan. Untuk itu, demi mencegah kondisi tersebut terjadi, ibu hamil perlu mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhambat.

Yuk, kita bahas bun..

1. Nutrisi

Salah satu penyebab terbesar dari kondisi penyebab pertumbuhan janin terhambat adalah asupan nutrisi. Hal ini dikarenakan janin mendapatkan nutrisi langsung dari apa yang bunda konsumsi. Secara umum, nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah karbohidrat, lemak baik, sayuran, buah-buahan, dan protein. Selain itu asam folat, kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin C, serta DHA juga dibutuhkan untuk perkembangan otak dan mencegah cacat lahir.

2. Penyakit

Selain faktor nutrisi, adanya gangguan penyakit juga dapat menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhambat. Beberapa penyakit yang dapat membahayakan janin diantaranya, Toksoplasma, Rubella, preeklampsia, diabetes dan lain-lain. Untuk itu, bunda perlu memeriksakan kondisi kandungan secara rutin selama kehamilan.

3. Rokok dan Alkohol

Selama kehamilan bunda wajib menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan, salah satunya adalah rokok dan alkohol. Tidak hanya merokok secara langsung, bahkan bunda sebaiknya juga menghindari lingkungan yang  terdapat asap rokok.

4. Stress

Selain kondisi fisik, kondisi mental selama kehamilan juga wajib bunda perhatikan. Stress selama kehamilan dapat memberikan dampak negatif pada janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu bahaya stres pada ibu hamil adalah resiko melahirkan premature yang bisa meningkat.

5. Kelainan bawaan dan kelainan kromosom

Kelainan kromosom dan kelainan jantung bawaan juga berkaitan dengan pertumbuhan janin yang terhambat. Oleh sebab itu, selama kehamilan bunda disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan agar jika ada sesuatu yang berpotensi membahayakan janin dapat dicegah dan diatasi sejak dini.

Nah itu dia bun, beberapa hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhambat. Semoga hal ini tidak terjadi pada bunda semua ya, sehat dan semangat selalu bund. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

Direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *