Perawatan Bayi, Tips Parenting

Waspada, Tempat yang Berbahaya Untuk Tidur Bayi

Hello Parents..

Saat membersamai bayi, parents perlu memperhatikan setiap aktivitas dan gerak gerik yang dilakukan oleh si kecil. Hal ini untuk meminimalisir berbagai risiko yang bisa terjadi pada bayi. Begitu pula saat bayi sedang tertidur, parents perlu memperhatikan posisi tidur bayi maupun tempat tidur si kecil. Sebab beberapa risiko fatal dapat terjadi saat bayi sedang tertidur. Nah pada edisi kali ini akan kita bahas, beberapa tempat yang sebaiknya dihindari untuk tidur bayi karena dapat menimbulkan risiko pada si kecil. Kira-kira apa saja ya tempat yang berbahaya untuk tidur bayi tersebut?

Yuk, kita bahas parents..

1. Sofa

Bagi kita, sofa mungkin salah satu tempat yang nyaman sehingga tak jarang membuat kita sering tertidur disana. Bagi orag dewasa seperti kita mungkin tak masalah jika kita tertidur di sofa. Namun lain halnya bagi bayi. Sofa merupakan salh satu tempat berbahaya bagi bayi untuk tidur.  Sofa cenderung sangat empuk dan ketika bayi berbalik, bantalan sofa bisa menutupi hidungnya. Untuk itu jangan biarkan bayi tidur di sofa. Oleh Karena itu, jangan biarkan bayi tidur di atas sofa ya. Pindahkan bayi segera ke tempat tidurnya atau matras dengan permukaan yang rata.

2. Car Seat

Perlu parents ketahui, car seat dirancang untuk keamanan bayi di dalam mobil, bukan keamanan tidur di luar mobil. Selain itu Car seat juga dirancang untuk perjalanan pendek, bukan sebagai tempat agar bayi bisa tidur lama di dalamnya. Oleh sebab itu, jika bayi tertidur di car seat, maka sebaiknya pindahkan si kecil ke permukaan yang rata atau ke kamar tidurnya. Hindari membiarkan bayi tertidur lama di car seat karena dapat membuat pegal leher dan punggungnya jika terlalu lama berada di car seat.

3. Baby Bouncer

Tempat duduk bergerak ini memang jadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk  bayi. Terutama karena bunyi-bunyian, gerakan hingga mainan yang digantung diatasnya. Namun tempat ini bukan dirancang sebagai tempat tidur bayi. Pada bayi usia 3 bulan yang otot lehernya belum cukup kuat bisa berbahaya jika terlalu lama berada di bouncer. Jadi jika bayi tiba-tiba tertidur diatas bouncernya, sebaiknya segera pindahkan si kecil ke tempat tidurnya ya parents.

4. Ayunan

Beberapa orang tua ada yang membuatkan ayunan untuk membantu bayi tertidur nyenyak. Gerakan yang ditimbulkan dari ayunan memang bisa membuat bayi nyaman dan tenang sehingga ia bisa cepat tertidurk. Namun ayunan bukanlah tempat yang aman untuk tidur bayi. Jadi jangan biarkan bayi terlalu lama tidur disana ya. Segera pindahkan si kecil ke tempat tidurnya jika sudah tertidur. Sebab Bentuk ayunan yang berlekuk bisa membuat bayi mengalami masalah pernapasan dan berbahaya bagi keselamatannya.

Nah itu dia parents, beberapa tempat berbahaya untuk tidur bayi yang perlu parents waspadai. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *