Kesehatan, Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Waspada, Tanda Bayi Mengalami Alergi Makanan

Are you looking for the best baby food maker for lovely kids? Don’t’ go anywhere because here I will describe baby food makers buying tips that ensure your baby health. You want to avoid chemicals, sulphites and an additive and sugar and additional preservatives of any kind.

Hello Parents..

Saat si kecil sudah mulai mendapatkan MPASI, Parents wajib memantau reaksi tubuh si kecil saat menerima makanan. Sebab, terkadang bayi sering mengalami alergi yang diakibatkan oleh makanan yang ia konsumsi. Alergi makanan ini sering terjadi pada bayi, khususnya saat bayi masih berusia 1 tahun kebawah. Karena bayi belum dapat mengutarakan apa yang ia sedang rasakan, oleh sebab itu parents harus peka dan jeli dalam melihat tanda-tanda bayi yang mengalami alergi makanan. Kira-kira apa saja ya tanda-tanda bayi yang mengalami alergi makanan?

Yuk, kita bahas Parents..

1. Perubahan pada Kulit

Perubahan pada menjadi salah satu gejala yang paling terlihat saat bayi mengalami alergi makanan. Perubahan tersebut seperti kulitnya yang berubah menjadi kemerahan karena munculnya ruam atau menimbulkan sensasi gatal. Sehingga setiap parents memberikan makanan yang baru pada si kecil, cobalah perhatikan reaksi dari kulit si kecil setelah menerima makanan tersebut.

2. Masalah Pencernaan

Reaksi alergi yang diakibatkan oleh makanan juga dapat menimbulkan masalah pencernaan pada bayi. Gejala yang mungkin akan dialami bayi seperti perutnya yang kembung serta mengalami buang air besar lebih sering daripada biasanya dengan feses lebih cair. Selain itu si kecil mungkin akan jadi lebih rewel karena adanya gangguan pada sistem pencernaannya.

3. Batuk-batuk

Selain masalah pencernaan, bayi yang mengalami alergi makanan juga dapat menunjukkan gejala lain seperti hidung tersumbat, bersin, hingga batuk ringan. Kondisi ini mungkin sekilas mirip dengan flu atau pilek. Namun kondisi ini juga dapat menjadi pertanda bayi alergi makanan. Jadi bunda wajib memperhatikan reaksi tubuh si kecil setelah menerima makanan.

4. Rewel

Jika si kecil lebih rewel dari biasanya setelah mengonsumsi makanan yang baru pertama kali dicobanya, maka kondisi itu juga bisa menjadi pertanda jika bayi mengalami alergi pada makanan tersebut. Sebab rewel mengindikasikan bayi merasa ada yang tidak nyaman dengan tubuhnya, oleh sebab itu ia mengekspresikan dengan sikap rewel yang ia tunjukkan. Pada kasus lain, bayi alergi makanan juga bisa disertai dengan perilaku menarik atau menggaruk bagian lidahnya sendiri dan suara Si Kecil menjadi lebih serak dari biasanya.

Nah itu dia parents, beberapa tanda bayi yang mengalami alergi makanan. Jika si kecil mengalami kondisi ini maka sebaiknya hindari memberi makanan yang memicu alergi tersebut ya, serta konsultasikan juga dengan dokter untuk pencegahan serta penanganannya. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *