Parenting, Perawatan Bayi

Waspada, Hal yang Dapat Menyebabkan Bayi Menjadi Stress

Rasa stress merupakan rasa yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi. namun bedanya, bayi belum memiliki kemampuan untuk mengungkapkan atau mengatakan apa yang sedang ia rasakan. Sehingga cukup sulit bagi orang tua mengetahui tanda-tanda dan penyebab bayi menjadi stress. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi berlarut-larut pada bayi, karena dapat mempengaruhi tumbung kembangnya nanti. Untuk itu, parents wajib menjaga bayi dari perasaan satu ini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui hal-hal yang menyebabkan bayi sress. kira-kira apa saja hal yang dapat menyebabkab bayi menjadi stress?

Yuk, kita bahas parents..

1. Sakit

Saat sedang sakit, bayi akan merasakan adanya ketidaknyamanan pada tubuhnya, sehingga hal tersebut terkadang membuat bayi menjadi stress. Oleh sebab itu jika bayi sedang sakit, berikanlah perawatan terbaik salah satunya dengan membawanya ke dokter. Selain itu, upayakan untuk tetap menghibur dan memberikan pelukan hangat padanya agar suasana hatinya tetap tenang. Sehingga bayi tidak merasakan stress saat ia sedang sakit.

2. Adanya Perubahan dari Luar

Salah satu contoh perubahan dari luar yang bisa membuat bayi stress adalah perubahan cuaca yang sangat drastis dari dingin ke panas atau sebaliknya. Kondisi yang tak menentu seperti ini bisa menjadi penyebab stres pada bayi. Upayakan membuat bayi nyaman dengan cara memahami apa yang menjadi kebutuhannya.

3. Merasa diabaikan

Sebaiknya parents menghindari meninggalkan bayi sendirian terlalu lama. Sebab hal itu dapat membuatnya cemas dan khawatir yang berujung pada perasaan stress. Jika bunda bekerja dan sudah selesai masa cuti melahirkan, sebaiknya persiapkan sejak dini siapa yang akan mengasuh bayi, sebab jika bunda meninggalkannya secara mendadak hal itu dapat membuat bayi mejadi cemas dan tidak nyaman.

4. Over Stimulasi

Tentu setiap orang tua ingin memberikan stimulasi bagi anaknya. tapi sama halnya dengan kita, bayi juga terkadang dapat menjadi bosan. oleh sebab itu, sebaiknya parents lebih peka terhadap tanda tanda jika bayi mengalami kebosanan. beberapa tanda yang akan ditunjukan  bayi diantaranya  rewel dan menangis. Berikanlah bayi stimulasi yang secukupnya dan sesuai dengan tahapan perkembangannya.

5. Merasa Tidak Nyaman

Stres pada usia bayi sebenarnya lebih cenderung sebagai respons ketidaknyamanan yang dialami secara berkepanjangan. Seperti saat celananya basah atau kotor karena pipis atau pup, namun tidak segera ditangani. jadi untuk mencegahnya parents perlu lebih Peka akan kebutuhan bayi dan selalu merespon dengan cepat apa yang menjadi kebutuhannya.

Nah itu dia parents hal yang dapat menyebabkan bayi mengalami stress. mudah-mudahan hal ini tidak terjadi pada bayi kita semua ya parents. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *