Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Wajib Tahu! Inilah Tanda Jika Janin Sehat di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Kesehatan janin di dalam kandungan merupakan prioritas utama bagi setiap ibu hamil. Sehingga ibu hamil akan melakukan apapun agar janin selalu dalam kondisi yang sehat. namun tak jarang ibu hamil sulit mengetahui apakah janin yang ada di dalam kandungannya sehat atau tidak. nah oleh karena itu, pada edisi kali ini akan kita bahas tanda jika bayi didalam kandungan dalam kondisi yang sehat

Yuk, kita bahas bund..

1. Adanya Peningkatan Berat Badan

Idealnya berat badan ibu hamil akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mengalami mengalami pertambahan berat badan sebesar 13 hingga 15 kilogram selama masa kehamilan berlangsung. Jika berat badan bunda terus bertambah selama kehamilan itu merupakan salah satu pertanda jika janin dalam kondisi yang sehat

2. Janin yang Aktif

Salah satu tanda janin sehat lainnya adalah pergerakan janin yang aktif. Seiring berjalannya waktu, bunda akan merasakan tendangan-tendangan kecil dari si kecil. Sifat, jenis, dan intensitas gerakan yang dirasakan ibu hamil bisa bervariasi.Namun, setiap bentuk gerakan di dalam rahim adalah indikasi bahwa bayi dapat menerima jumlah oksigen dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya

3. Detak jantung yang stabil

Salah satu ciri janin sehat adalah detak jantungnya yang berdetak kencang. secara umum, detak jantung janin berkisar antara 110 dan 160 denyut per menit. Untuk memantau dan mengetahui detak jantung janin, maka bunda dapat melakukan pemeriksaan di dokter atau bidan kandungan.

4. Kondisi Air Ketuban

Pada pemeriksaan USG, penting juga bagi dokter untuk mengetahui jumlah cairan ketuban dalam kandungan bunda. Ketuban sendiri memiliki banyak peranan terhadap janin, mulai dari pelindung bagi janin hingga berfungsi agar janin mudah bergerak dalam kandungan. Sehingga air ketuban juga menjadi tolak ukur kesehatan janin didalam kandungan.

5. Berubahnya Posisi Janin

Salah satu ciri janin sehat lainnya adalah dimana posisi janin bisa berubah saat menjelang hari kelahirannya. Dari posisi awalnya janin akan berputar menuju jalan lahir. Bunda perlu sedikit waspada jika janin tidak bergerak sama sekali. itulah pentingnya bunda lebih sering memeriksakan kondisi janin di akhir kehamilan.

6. Kadar Hormon

Pada dasarnya, ibu hamil akan menghasilkan sekitar 400 mg progesteron. Berbeda dengan pertumbuhan rahim, agar bisa mendukung bayi yang sehat, bunda membutuhkan sekitar 1.200 gram estrogen di dalam tubuh. Morning sickness merupakan salah satu pertanda adanya perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa tanda jika bayi sehat di dalam kandungan. Semoga bunda dan si kecil juga diberikan kesehatan selalu ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *