Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Wajib Dijauhi, Hal yang Bisa Menjadi Racun Bagi Kehamilan

Haloo Bund..

Saat hamil, bunda dituntut harus lebih berhati-hati pada hal-hal yang ada di sekitar bunda. sebab, tidak semua yang ada di sekitar bunda aman bagi kehamilan, ada beberapa hal yang bisa menjadi racun bagi kehamilan yang tentu saja dapat membahayakan janin di dalam kandungan. untuk itu, bunda perlu mengetahui beberapa hal di sekitar kita yang mungkin bisa mejadi racun bagi kehamilan.

Yuk, kita bahas bund!

1. Toxoplasma pada Hewan Peliharaan

Bagi bunda pecinta hewan peliharaan, sebaiknya saat hamil bunda harus lebih waspada dan berhati-hati. Hewan peliharaan seperti kucing bisa menularkan parasit atau bakteri toksoplasma melalui kotorannya, sehingga menyebabkan penyakit toksoplasmosis Jadi jika bunda memiliki hewan peliharaan dirumah, jagalah kebersihan hewan tersebut, dan mintalah tolong orang lain untuk membersihkan kandangnya.

2. Cat Dinding

Saat menyambut kelahiran si kecil, tentu bunda sekeluarga sangat bersemangat menantikan kehadirannya. mulai dari membeli pakaian, perlengkapan, hingga mengecat rumah atau kamar. Dinding yang baru dicat sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, sebab bau cat dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelainan bawaan pada si kecil.

3. Pepaya Mentah

Pepaya yang masih mentah mengandung latex yang dapat menyebabkan kontraksi uterus sehingga dapat meningkatkan resiko keguguran atau persalinan prematur. Pepaya mentah juga mengandung pepsin yang dapat menyebabkan masalah perkembangan janin. Oleh karena itu, bunda disarankan untuk tidak mengkonsumsi pepaya mentah selama kehamilan.

4. Rokok

Rokok dan asapnya mengandung ribuan bahan kimia yang berbahaya jika terhirup oleh siapa pun, apalagi ibu hamil. Asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pada janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu penting bagi bunda untuk tidak merokok atau tidak terpapar asap rokok selama kehamilan.

5. Gigitan serangga

gigitan serangga biasanya sebagian besar tidak berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Namun, beberapa gigitan serangga dapat menularkan penyakit serius. Untuk itu, saat hamil, lindungi diri bunda dari gigitan serangga yang mungkin dapat menyerang bunda, dengan memperhatikan kebersihan di lingkungan bunda.

6. Makanan Mentah

Hindari juga mengonsumsi makanan mentah selama kehamilan. sebab makanan mentah rawan terdapat bakteri seperti salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan sakit perut, diare, muntah, dan sakit kepala. Untuk itu, perhatikanlah tingkat kematangan setiap makanan yang dikonsumsi selama kehamilan

Nah itu dia bun, beberapa hal yang bisa menjadi racun selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sekian.

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *