Kehamilan, Trimester Ketiga

Wajib Dihindari, Posisi Duduk yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Haloo Bund..

Selama hamil apalagi jika perut mulai membesar, bunda perlu memperhatikan berbagai posisi tubuh seperti duduk ataupun tidur. Sebab jika ibu hamil tidak berhati-hati dalam menjaga posisi tubuh, hal itu dapat memberikan pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan bunda maupun janin. Duduk merupakan  hal sering kita lakukan sehari-hari, oleh sebab itu ibu hamil perlu memperhatikan posisi duduk yang benar selama kehamilan. Ada beberapa posisi duduk yang sebaiknya bunda hindari selama kehamilan karena dapat membahayakan janin. Kira-kira apa saja ya posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil tersebut?

Yuk kita bahas bun..

1. Duduk Tanpa Sandaran

Ibu hamil tidak disarankan duduk tanpa menggunakan sandaran. Sebab Duduk tanpa sandaran akan membuat ketegangan di tulang punggung semakin memburuk Dampakanya, selain mudah merasa pegal, bunda juga akan menjadi lebih rentan terkena gangguan tulang punggung. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mencari sandaran jika ingin duduk dan duduklah dengan posisi punggung yang lurus.

2. Duduk Membungkuk

Saat ingin beristirahat dan duduk, kebanyakan ibu hamil refleks duduk secara membungkuk. Namun sebaiknya posisi duduk membungkuk ini bunda hindari selama kehamilan. Sebab posisi ini dapat membuat sumsum tulang belakang  rentan mengalami penurunan fungsi. Terlebih dengan ukuran janin yang makin membesar membuat bebannya semakin berat.

3. Duduk dengan kaki Menggantung

Posisi ini tidak dianjukan bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan aliran darah ke kaki bunda. Sedangkan saat hamil, biasanya bunda akan mudah mengalami pembengkakan pada kaki. Adanya peningkatan aliran darah justru dapat membuat kaki bunda semakin bengkak.

4. Posisi Setengah Duduk

Ibu Hamil juga seringkali duduk dengan posisi setengah, khususnya saat berada di tempat tidur. Sama halnya seperti kebiasaan duduk membungkuk, kebiasaan duduk setengah juga dapat meningkatkan beban pada sumsum tulang belakang. Sehingga, ibu hamil akan lebih mudah merasa pegal, nyeri, dan kebas di area punggung.

5. Duduk dengan Postur Mendongak ke Depan

Posisi ini juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. sebab, saat bunda duduk dengan posisi tubuh mendongak ke depan, tekanan pada janin dapat meningkat. Pada usia kehamilan yang sudah besar, tulang rusuk bunda bahkan dapat menekan tubuh janin dan berpotensi menghambat aliran darah ke janin. jadi hindari posisi duduk satu ini ya bun

Nah itu dia bun, beberapa posisi duduk yang berbahaya dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *