Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Trik yang Bisa dilakukan Bumil Agar Janin Lebih Aktif Bergerak

Haloo Bund..

Gerakan janin merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu selama kehamilan. Gerakan janin ini mempunyai sensasi tersendiri yang kadang membuat geli, ngilu, dan sedikit nyeri namun membuat kita bahagia karena dapat merasakannya. namun setiap bayi di dalam kandungan memiliki intensitas dan frekuensi gerakan yang berbeda. untuk memancing si kecil lebih aktif bergerak, ada beberapa trik atau cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar janin di dalam kandungan lebih aktif bergerak.

Yuk, kita bahas bun..

1. Memberikan Stimulus Suara

Bunda dapat memberikan stimulasi berupa suara seperti mengajaknya bercerita atau memperdengarkan lagu lembut atau murottal qur’an. Si kecil sudah mulai dapat mendengar sekitar usia 16-20 minggu, meskipun awalnya mungkin akan terdengar samar-samar. Ini karena pada usia tersebut, organ pendengaran si Kecil sudah mulai berkembang. Cobalah berikan stimulasi ini secara rutin dan perhatikan bagaimana respon yang ia berikan,

2. Makan Cemilan Manis

Janin dapat merespon peningkatan gula darah di dalam tubuh. Sehingga saat bunda sedang memakan makanan yang manis seperti es krim, kue atau biskuit, bunda mungkin akan merasakan adanya peningkatan gerakan janin didalam kandungan. Namun meskipun begitu, hindari mengonsumsi cemilan manis secara berlebihan ya bun, akan lebih baik jika bunda menggantinya dengan mengemil potongan buah.

3. Menyentuh atau Mengelus Perut

Janin di dalam kandungan juga sudah dapat merasakan rangsangan dari luar. Oleh sebab itu, hal ini bisa menjadi salah satu trik untuk membuat si Kecil lebih aktif bergerak. Bunda bisa menyentuh lembut dan menggoyangkan perut dengan jari untuk membangunkan si kecil. Namun, Lakukan hal ini  secara perlahan dan tidak terlalu keras ya, bun

4. Beristirahat

Salah satu hal yang cukup sering dirasakan oleh ibu hamil adalah pergerakan bayi yang jadi lebih aktif di malam hari, padahal saat itu bunda sudah mau tidur atau bahkan sudah tidur. Beberapa ahli menyebutkan bahwa sebagian bayi merasa aktivitas dan pergerakan bunda di siang hari menciptakan sensasi alunan lembut yang membuatnya mengantuk. jadi tak ada salahnya mengambil waktu istirahat di siang hari, dan amati gerakan yang dilakukan si kecil.

5. Berbaring di Sisi Kiri

Berbaring pada posisi ini saat hamil bisa memperlancar sirkulasi dan dapat memicu janin menjadi lebih aktif bergerak. Lakukan trik ini sambil mengelus perut lembut dan bercerita apa saja pada si kecil.

Nah itu dia bun, beberapa trik sederhana yang bisa bunda lakukan agar janin di dalam kandungan lebih aktif bergerak. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *