Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Tips Menjaga Kehamilan dan Janin Agar Sehat Hingga Persalinan

Salah satu kunci menjaga agar janin di dalam kandungan tetap sehat adalah dengan menjaga kesehatan diri bunda sendiri. Tentu semua ibu hamil di dunia berharap dapat mejalani kehamilan secara sehat sehingga bayi yang dikandung dapat lahir kedunia juga dalam keadaan sehat. Namun kesehatan tersebut harus diperjuangkan dan diupayakan dengan ikhtiar yang terbaik. ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kehamilan dan janin di dalam kandungan tetap sehat. Kira-kira apa saja ya tips tersebut?

Yuk, kita bahas bun..

1. Konsultasi dengan Dokter atau Bidan

Saat bunda mengetahui bahwa bunda sedang mengandung, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter atau bidan kandungan. Hal ini penting dilakukan agar persiapan bunda menjalani masa kehamilan semakin matang. Dengan rutin berkonsultasi selama kehamilan, dokter atau bidan bisa mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyarankan langkah perawatan yang tepat hingga metode persalinan yang sesuai dengan kondisi bunda.

2. Konsumsi makanan bergizi 

Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan oleh ibu hamil. konsumsilah makanan sehat yang bergizi untuk mendukung kesehatan diri  bunda sendiri maupun janin yang ada didalam kandungan. Tak harus mahal bun, yang penting lengkapi kebutuhan nutrisi dasar dan hindari makanan-makanan yang tinggi kalori, lemak maupun gula.

3. Olahraga Teratur

Olahraga merupakan bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Usahakan menyempatkan waktu setidaknya 15-30 menit sehari untuk berolahraga demi kebaikan kesehatan kehamilan. Ada banyak pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. namun sesuaikan dengan kondisi bunda masing-masing ya

4. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan rangkaian pola hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil. Tidur yang cukup juga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancar dan membuat kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik. Jika bunda kesulitan untuk tidur di malam hari, maka upayakan untuk memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur di siang hari.

5. Cukup minum air putih

Hal ini mungkin terdengar dan terlihat sepele, namun untuk menjaga kesehatan,  ibu hamil dianjurkan cukup minum air putih cukup setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. kebiasan ini juga dapat membantu mencegah berbagai macam masalah kesehatan seperti dehidrasi, kelelahan, anemia, dan sembelit.

6. Rajin cuci tangan

Mencuci tangan pakai sabun adalah kebiasaan yang wajib dilakukan oleh ibu hamil pada saat ini. hal ini untuk menghindari bakteri dan kuman yang mungkin saja menempel pada tangan bunda. beberapa bakteri dapat menyebabkan infeksi serius pada kehamilan. Apalagi di tengah kondisi pandemic seperti ini, kebiasaan baik ini wajib bunda rutinkan ya

7. Tetap Rileks

Perasaan santai atau rileks juga merupakan salah satu kunci menjalani kehamilan yang sehat. cobalah untuk tidak terpengaruh pada hal-hal yang bisa membuat bunda stress, takut, dan emosi. selain kondisi fisik, kondisi mental satu ini penting untuk diperhatikan ya bun. Hindari overthingking dan perbanyak sugesti positif.

Nah itu dia beberapa tips menjaga kehamilan agar tetap sehat. Semangat ya bun dalam menjaga kesehatan selama kehamilan. semoga bunda semua dan si kecil selalu diberikan kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *