Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Tips Mengatur Pola Tidur yang Benar dan Tepat bagi Bayi

Hello Parents..

Tidur merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh bayi agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara opimal. Oleh kerena itu, setiap orang tau harus bisa mengatur jam tidur si kecil sejak dini agar dapat membantu bayi tidur dengan nyenyak dan cukup. Sebab tidur memiliki peran penting dalam mendukung sistem daya tahan tubuh, sistem metabolisme, memori, proses belajar, dan fungsi tubuh lainnya.Namun tentunya untuk membentuk pola tidur yang benar ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran dari orang tua. Sebab saat bayi baru lahir, mereka memiliki pola tidur yang berbeda dari orang dewasa, itulah mengapa bayi sering terbangun di malam hari. Lalu bagaimana ya caranya untuk membentuk pola tidur yang benar bagi bayi?

Yuk kita bahas parents..

1. Kenali Tanda Bayi Lelah atau Mengantuk

Parents perlu peka terhadap tanda bayi sedang lelah, sebab hal itu bisa menjadi salah satu pertanda untuk parents segera menidurkan si kecil. Hindari menunggu sampai bayi terlalu lelah untuk menidurkannya karena akan semakin sulit membuatnya tertidur. Jika si kecil menunjukkan tanda tanda seperti Menggosok matanya, Menguap, mulai Memalingkan pandangannya, serta mulai Rewel itu artinya ia sedang lelah dan mengantuk. Sehingga parents perlu berinisiatif untuk membantunya tidur.

2. Atur Siklus Tidur Siang

Tidur siang memang memiliki manfaat yang baik bagi bayi. Namun parents perlu mengatur jam tidur siang bayi agar tidak terlalu lama. Hal Ini penting agar si Kecil bisa memaksimalkan malam hari sebagai momen tidur. Pada siang hari, rangsang bayi agar aktif bergerak dengan bermain. namun jangan sampai memaksanya jika memang bayi mengantuk dan ingin tidur. hanya pastikan saja tidurnya tidak terlalu lama. Saat sudah masuk waktu malam, maka ciptakan suasana tidur dengan meredupkan lampu ruangan. Dengan begitu, secara perlahan si kecil akan mengerti bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur.

3. Atur Waktu Makan dan Tidur

Beberapa orang tua ada yang mencoba memberikan lebih banyak ASI atau susu atau makanan pada bayi agar si kecil dapat tidur lebih nyenyak dan lama. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk bayi. Sebaiknya hindari memberikan bayi terlalu banyak makan sampai kekenyangan sebelum tidur. Sebab sama halnya seperti kita, jika kita makan terlalu banyak, tentu malah dapat membuat sulit tidur karena kurang nyaman pada sistem pencernaan. Oleh sebab itu aturlah waktu makan bayi dan beri sedikit jeda dengan waktu tidurnya.

4. Hindari Membangunkan Bayi

Di awal awal kelahirannya mungkin bunda perlu beberapa kali membangunkan si kecil untuk menyusu agar nutrisinya dapat terpenuhi. namun saat usianya sudah di atas 2 bulan dan berat badan bayi bertambah dengan baik, bunda tidak perlu membangunkannya pada malam hari untuk disusui. Sebab Bayi perlu mencari jadwal tidurnya sendiri. Apalagi jika bayi sudah mendapatkan MPASI dan sudah makan lebih dari cukup pada siang hari, jadi bunda tidak perlu membangunkannya pada malam hari saat ia tertidur.

Nah itu dia parents, tips Membentuk pola tidur yang baik dan benar bagi si kecil. Jika ini terus berjalan dengan baik, tentu si kecil akan memiliki kebiasaan tidur yang baik dan mendapatkan tidur berkualitas sehingga perkembangannya dapat berjalan secara optimal. Semoga informasi ini bermanfaat parents. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *