Kehamilan, Kesehatan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Tips Memperkuat Daya Tahan Ibu Hamil Supaya Nggak Gampang Sakit

Daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga, sebab jika daya tahan tubuh kita rendah maka kita akan rentan terkena sejumlah penyakit. Oleh sebab itu penting bagi kita khususnya ibu hamil untuk menjaga dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Namun di sisi lain, saat hamil daya tahan tubuh ibu hamil akan mengalami sedikit penurunan, sehingga  hal ini membuat ibu hamil lebih rentan terkena sejumlah penyakit, tentu hal ini sangat perlu diwasapadai terlebih dalam masa pandemi seperti ini.

Untuk mencegah hal tersebut ibu hamil perlu melakukan sejumlah langkah untuk dapat meningkatkan system kekebalan tubuh agar ibu hamil nggak mudah sakit. Nah ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. kira-kira apa saja ya tips dan langkah untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh selama kehamilan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Banyak Minum

Saat sedang sakit, tubuh bunda membutuhkan banyak cairan untuk mengganti keringat dan cairan tubuh lain yang keluar. Ibu hamil perlu mengonsumsi sekitar 3 liter cairan per hari untuk menjaga kehamilan tetap sehat. oleh sebab itu, Pastikan bunda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara menjaga konsumsi air putih ya bun. Triknya adalah selalu siapkan botol minuman didekat bunda agar bunda selalu ingat untuk minum air putih.

2. Mengonsumsi Makanan bergizi

Usahakan untuk mengonsumsi asupan bergizi meski nafsu makan bunda sedang menurun. Perbanyak asupan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, tomat, dan wortel. Kandungan gizi dari makanan tersebut dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih kuat melawan berbagai virus dan penyakit.

3. Olahraga dan pijat

Berolahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. sebab, Aktivtas fisik akan meningkatkan aliran darah dan mengusir racun dalam tubuh. Selain olahraga, pijat juga akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Pijat sederhana bisa dimulai dengan meminta bantuan ayah untuk memijat bunda hihi

4. Penuhi waktu istirahat

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh bunda dapat lebih kuat melawan berbagai macam virus atau kuman. Agar bunda dapat tidur lebih nyenyak, posisikan kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya, dan cari posisi yang membuat bunda aman dan nyaman.

5. Minum Vitamin

Vitamin saat hamil sangat penting sebab ada kandungan mineral di dalamnya. tapi sebelum mengonsumsi vitamin, Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk jenis vitamin yang bunda butuhkan sesuai dengan kondisi tubuh bunda. hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan janin dan daya tahan tubuh bunda.

Nah itu dia bun, beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tetap semangat ya bund dalam menjaga kesehatan dan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bunda, Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *