Perkembangan & Gerakan Janin, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Tips Membuat Berat Badan Janin Ideal Selama Kehamilan

Haloo Bund!

Berat badan janin merupakan salah satu indikator yang dapat menunjukkan perkembangannya selama di dalam kandungan. Sehingga ibu hamil perlu memantau berat badan janin ini dengan cara melakukan pemeriksaaan kehamilan secara rutin. Berat badan yang ideal, yaitu tidak terlalu rendah dan tidak terlalu besar merupakan suatu hal yang perlu ibu hamil upayakan. Sebab berat badan ini sangat penting karena menjadi salah satu acuan untuk kesehatan bayi saat ia lahir nanti. Nah kira-kira apa saja ya tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk dapat membantu berat badan janin tetap ideal selama kehamilan hingga ia lahir nanti?

Yuk, kita bahas bund..

1. Mengatur Pola Makan

Pola makan yang bunda terapkan selama kehamilan sangat berpengaruh terhadap pertambahan berat badan janin di dalam kandungan. Untuk menjaga agar berat janin tetap ideal bunda harus menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Jika berat badan janin sedikit kurang bunda bisa meningkatkan kalori serta protein hewani dalam menu makanan bunda untuk membantu meningkatkan berat badan janin. Namun jika berat badan janin sedikit berlebih, bunda dapat memperlambat kenaikan berat badannya dengan cara memilih makanan yang lebih rendah gula, karbohidrat dan lemak . Makanlah dalam porsi yang tidak terlalu banyak namun dengan frekuensi yang lebih sering.

2. Aktif Bergerak

Aktif bergerak merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan bunda sekaligus menjaga berat badan janin agar tetap ideal. Namun karena kondisi ibu hamil yang berbeda-beda, maka sesuaikanlah aktivitas yang bunda lakukan dengan kondisi masing-masing. Hindari melakukan aktivitas terlalu berat yang dapat membuat bunda kelelahan. Bunda dapat tetap aktif bergerak dengan cara melakukan olahraga atau aktivitas menyenangkan seperti jalan santai, senam hamil, dan lain-lain.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan bugar, sehingga hal ini berdampak pada pertumbuhan janin di dalam kandungan. Sebaiknya ibu hamil tidur sekitar 7-8 jam setiap hari agar tubuh tetap bugar selama kehamilan. Jika bunda kesulitan untuk tidur di malam hari, bunda bisa memanfaatkan tambahan waktu tidur di siang hari jika memungkinkan. Jadi untuk membantu menjaga berat badan janin tetap ideal, upayakan untuk tidur yang cukup selama kehamilan ya bund.

4. Jangan Stress atau Cemas

Menghindari stress dan kecemasan merupakan tips lain yang tak kalah penting dalam menjaga berat badan janin agar tetap ideal. Sebab stress atau cemas dapat mempegaruhi pola makan bunda, seperti membuat bunda jadi lebih malas makan atau malah membuat bunda makan dengan porsi yang sangat banyak. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi berat badan janin di dalam kandungan. Upayakan untuk tetap tenang agar nafsu makan bunda dapat terkontrol dengan baik.

Nah itu dia bund, beberapa tips yang bisa bunda lakukan selama kehamilan untuk membantu berat badan janin tetap ideal hingga persalinan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Artikel ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *