Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Tingkah Lucu Janin Selama di Dalam Kandungan

Haloo bund..

Kehamilan merupakan salah satu anugerah terbesar didalam kehidupan seorang bunda. Bagaimana tidak, ada makhluk mungil yang lucu kini tumbuh didalam kandungan bunda. Sebagai seorang bunda tentu kita penasaran, kira-kira si kecil sedang apa ya di dalam kandungan sana? Ternyata, ada banyak tingkah lucu yang dilakukan oleh janin selama didalam kandungan lho bund. Penasarankan apa saja tingkah lucu yang dilakukan oleh si kecil selama berada di dalam perut bunda?

Yuk, kita bahas bun..

1. Tersenyum

Sekitar minggu ke-26 kehamilan, janin mulai dapat bereaksi terhadap berbagai hak yang ia rasakan di dalam kandungan. Pada saat itu, bayi bahkan mulai menunjukkan tanda-tanda tersenyum yang sangat menggemaskan. apalagi kini sudah ada USG 4D yang bahkan bisa merekam dengan jelas janin yang sedang tersenyum hihi lucu ya bun

2. Menguap

Di beberapa foto USG, janin juga pernah tertangkap sedang menguap hehe. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar, sebab janin di dalam kandungan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, dan ketika bergerak mereka ia mengawalinya dengan menguap.

3. Menangis

Beberapa foto USG juga pernah menangkap janin yang sedang menangis. Para ahli kandungan menduga bahwa kemampuan janin untuk menangis mungkin mulai ditemukan pada usia 20 minggu. Namun bunda tak perlu khawatir, sebab ini artinya janin berkembang dengan baik karena mampu mengkoordinasikan  gerakan pernapasan, gerakan membuka rahang, dagu, dan lidahnya.

4. Membangun Ikatan

Para ahli menyatakan bahwa janin mulai menjalin ikatan dengan bunda sejak dalam kandungan. Selama 10 minggu terakhir kehamilan, janin secara aktif mendengarkan suara bunda mereka. wah sekarang bunda sudah punya pendengar setia nih bun hihi..

5. Cegukan

Cegukan merupakan salah satu jenis gerakan yang dilakukan oleh janin. pada saat janin cegukan mungkin bunda dapat merasakannya seperti ada gelembung-gelembung kecil dari dalam perut.

6. Membuka mata

Sekitar usia kehamilan minggu ke-28, janin akan memulai membuka matanya. janin juga akan berekasi terhadap cahaya ketika perut bunda terkena cahaya terang. hmm kira-kira matanya bakal mirip mata ayah atau mata bunda yaa? hehe

7. Bermain

Sama seperti bayi setelah lahir, bayi dalam kandungan juga senang bermain. Mereka akan bermain jari kaki, tali pusar, atau apapun yang ada di jangkauan. Mereka menggulung dan menendang untuk menghilangkan rasa bosannya hihi. jadi makin nggak sabar untuk ketemu dengan si kecil ya bun

Nah itu dia tingkah lucu yang dilakukan oleh janin selama di dalam kandungan. Semoga infromasi ini bermanfaat.

Sekian.

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *