Persalinan, Persiapan Melahirkan

Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan yang Bisa Ibu Hamil Rasakan

Haloo bund..

Siapa diantara bunda yang sedang harap-harap cemas menunggu HPL? Hari perkiraan lahir memang bisa diprediksi oleh dokter atau bidan, namun sulit untuk memprediksi dengan pasti kapan waktu melahirkan akan tiba. Terkadang, waktu melahirkan bisa maju lebih awal, mundur, atau tepat pada HPL yang sudah diperkirakan.

Oleh sebab itu sebagai bagian dari langkah persiapan, bunda perlu mengetahui tanda-tanda saat waktu melahirkan sudah semakin dekat. Hal ini sangat penting untuk bunda ketahui, sebab dengan begitu bunda dapat mempersiapkan segala sesuatu untuk memperlancar proses persalinan nantinya. kira-kira apa saja ya tanda seminggu menjelang melahirkan yang bisa bunda rasakan?

Yuk, kita bahas bun..

1. Janin Mulai Masuk ke Panggul

Janin akan mulai turun dan masuk ke panggul saat melahirkan sudah semakin dekat. Tanda ini bisa terjadi beberapa minggu sebelum bahkan beberapa hari atau jam sebelum proses melahirkan. Tanda ini biasanya disertai dengan pernafasan yang semakin mudah dilakukan, sebab janin sudah tidak lagi menekan diafragma. namun di lain sisi janin mulai menekan kandung kemih sehingga bunda akan lebih sering buang air kecil.

2. Leher Rahim Melebar

Saat tubuh mempersiapkan untuk kelahiran bayi, leher rahim atau serviks mulai melebar dan menipis. Kondisi ini umumnya mulai muncul pada beberapa minggu atau hari sebelum persalinan tiba. pelebaran leher rahim akan semakin cepat ketika disertai dengan kontraksi perut yang semakin teratur.

3. Kram dan Nyeri Punggung

Menjelang persalinan, bunda mungkin merasakan tekanan atau kram di punggung serta pangkal paha sebagai tanda-tanda mau melahirkan. Kram dan nyeri yang dirasakan itu terjadi akibat otot dan persendian yang semakin meregang untuk mempersiapkan diri sebelum proses persalinan.

4. Perubahan energi dalam tubuh

Perut yang semakin membesar diiringi dengan gangguan sistem pencernaan, dapat membuat bunda sulit tidur nyenyak di malam hari. Hal ini membuat ibu hamil lebih lelah dan sering tidur di siang hari. namun ada juga beberapa ibu hamil lainnya justru merasakan adanya ledakan energi yang besar mendekati hari persalinan. sehingga bunda mungkin akan lebih rajin untuk bersih-bersih dan merapihkan segala sesuatu.

5. Diare

Beberapa waktu sebelum proses melahirkan, biasanya bunda akan merasakan mual, muntah hingga diare. Ini karena hormon yang diproduksi oleh tubuh bunda untuk memudahkan kelahiran bayi dapat merangsang usus jadi lebih aktif bekerja. jika bunda mengalami hal ini, sebaiknya minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi serta rasa mual dan muntah bisa berkurang.

6. Mulai Muncul Kontraksi

Kontraksi rahim saat hamil pada awalnya akan berpola tidak beraturan dan muncul jarang-jarang. Ini disebut sebagai kontraksi palsu dan bukan merupakan tanda-tanda mau melahirkan yang sebenarnya. Disebut kontaksi palsu karena ini bukan merupakan kontraksi sesungguhnya yang biasa terjadi beberapa jam sebelum proses melahirkan.

Nah itu dia bun, beberapa tanda seminggu sebelum persalinan yang bisa bunda rasakan. Mudah-mudahan bunda yang akan menghadapi persalinan diberikan kekuatan dan kelancaran ya. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *