Kehamilan, Persiapan Melahirkan, Trimester Ketiga

Tanda Posisi Janin Belum Optimal untuk Melahirkan Normal

Haloo Bund..

Saat mendekati hari persalinan, salah satu hal yang perlu bunda perhatikan adalah posisi janin di dalam kandungan. Sebab, posisi janin sangat menentukan metode persalinan yang cocok untuk bunda jalani. Nah buat bunda yang ingin menjalani metode persalinan secara normal, bunda perlu mengusahakan agar kepala janin dapat masuk ke panggul atau jalan lahir. Namun untuk memastikannya bunda tentu perlu memeriksakannya ke dokter kandungan ya. Nah berikut adalah tanda yang mungkin akan bunda rasakan jika posisi janin belum optimal untuk persalinan normal. Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas bund..

1. Perut Menonjol di Bagian Atas

Salah satu ciri fisik yang akan terlihat dari luar jika janin sudah masuk ke panggul adalah bentuk perut ibu hamil yang terlihat lebih menonjol kebawah. Sehingga jika dalam beberapa minggu terakhir menjelang hari perkiraan lahir bunda merasa jika bentuk perut masih menonjol keatas, hal itu bisa menjadi salah satu pertanda jika posisi janin belum sepenuhnya turun ke jalan lahir. Jadi sangat disarankan bagi bunda untuk memeriksakan posisi janin melalui pemeriksaan USG.

2. Nyeri Setelah Makan

Salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil adalah masalah pada asam lambung atau yang disebut dengan istilah heartburn. Kondisi ini umunya disebabkan karena perubahan hormon saat kehamilan serta ukuran rahim yang semakin membesar sehingga menekan esofagus dan membuat bunda terkadang merasa sedikit nyeri, terutama setelah makan. Nah jika keluhan ini masih sering bunda rasakan padahal sudah mendekati hari persalinan, maka ada kemungkinan janin belum berada dalam posisi siap lahir.

3. Pernafasan Kurang Lega

Janin yang sudah turun ke panggul biasanya juga akan membuat pernafasan bunda menjadi lebih lega dari sebelumnya. Karena posisi janin yang sudah turun panggul tidak lagi menekan diafragma, sehingga menyebabkan bunda merasa lebih lega saat bernafas. Jika bunda masih merasa sedikit sesak saat bernafas padahal sudah mendekati hari perkiraan lahir,  Sangat disarankan bagi bunda untuk segera berkonsultasi ke dokter terlebih jika sesak napas itu berlangsung lama dan mengganggu aktifitas harian.

4. Kontraksi Palsu

Berbeda dengan kontraksi tanda persalinan, kontraksi palsu biasanya terjadi secara tidak berpola atau tidak beraturan dan terjadi hanya beberapa saat. Selain itu biasanya posisinya juga terasa berubah-ubah. Kontraksi palsu juga dapat menjadi pertanda janin belum berada di posisi yang siap lahir secara optimal. Sebab kontraksi palsu erat kaitannya dengan janin yang masih bergerak dan berputar mencari jalan lahir.

5. Tidak ada Tekanan di Panggul

Saat janin sudah berada dekat dengan jalan lahir, biasanya bunda akan merasakan tekanan di area sekitar panggul. Namun jika hari perkiraan lahir sudah semakin dekat dan bunda belum merasakan sensasi itu, bunda patutu curiga dan waspada jika janin belum turun atau masuk ke jalan lahir. Untuk memastikannya, bunda perlu melakukan pemeriksaan USG ya.

Nah itu dia bund, Beberapa tanda yang mungkin dapat bunda rasakan jika posisi janin belum ideal atau optimal untuk persalinan normal. Mudah-mudahan si kecil diberikan kemudahan ya bund untuk masuk ke panggul atau jalan lahir, sehingga bunda dapat melahirkan dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bund. SEKIAN

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *