Kehamilan

Tanda Kehamilan Sehat yang Jarang Disadari

Haloo Bund!

Menjalani kehamilan yang sehat tentu menjadi harapan bagi setiap ibu hamil. Kehamilan yang sehat umumnya bisa bunda ketahui saat melakukan pemeriksaan kehamilan. Namun ada beberapa tanda kehamilan sehat yang juga dapat dirasakan oleh ibu hamil. Namun seringkali tanda ini jarang disadari karena biasanya malah menimbulkan ketidaknyamanan tertentu. Nah pada edisi kali ini akan kita bahas beberapa tanda kehamilan sehat yang jarang disadari oleh ibu hamil. Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas bund..

1. Morning Sickness

Mornings sickness atau mual dan muntah merupakan keluhan umum yang sering dirasakan ibu hamil di awal kehamilan. Gejala ini meskipun menimbulkan rasa tidak nyaman, namun morning sickness ini justru dapat menandakan kehamilan yang sehat. Sebab morning sickness ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon HCG yang diproduksi oleh sel di dalam plasenta. Meskipun begitu, bunda perlu mewaspadai morning sickness yang terjadi secara berlebihan.

2. Nyeri pada Payudara

Meski membuat tidak nyaman, namun nyeri pada payudara saat hamil sebenarnya cukup umum terjadi. Nah kondisi ini juga termasuk salah satu tanda kehamilan yang sehat. Sebab hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang  menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Namun keluhan ini umumnya akan menghilang seiring dengan tubuh yang mulai beradaptasi dengan perubahan hormon tersebut.

3. Sering Buang Air Kecil

Siapa sangka, keluhan seperti jadi lebih sering buang air kecil juga termasuk salah satu tanda kehamilan yang sehat. Sebab kondisi ini menandakan adanya peningkatan aliran darah akibat kehadiran janin di dalam kandungan. Selain kondisi ini juga menandakan bunda mendapatkan asupan cairan yang cukup selama kehamilan.

4. Mudah Lelah

Bunda yang mudah merasa lelah dan mengantuk di awal kehamilan juga merupakan salah satu hal yang wajar dan normal. Untuk membantu mengatasinya, bunda bisa beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat. Meskipun begitu, bunda perlu mewaspadai rasa lelah ini jika diikuti gejala lain seperti sering pusing, kulit pucat, jantung berdebar karena dapat menandakan kondisi anemia.

5. Mood yang Mudah Berubah

Bunda yang mengalami perubahaan mood secara tiba-tiba selama kehamilan juga tak perlu khawatir berlebihan, sebab hal ini merupakan hal yang wajar akibat pengaruh hormon kehamilan. Selain diakibatkan perubahan hormon hal ini juga bisa disebabkan akibat rasa stress dan kelelahan. Oleh sebab itu, jika hal ini sulit bunda kendalikan dengan baik, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau tenaga profesional. Sebab jika tidak dapat diatasi dan ditangani dengan baik, hal ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Nah itu dia bund, beberapa tanda kehamilan sehat yang jarang disadari oleh ibu hamil. Namun untuk memastikan apakah kehamilan bunda benar-benar sehat atau tidak, sebaiknya rutin periksakan kehamilan bunda ke dokter ya.

 Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *