Persalinan, Persiapan Melahirkan

Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Melahirkan merupakan fase yang akan dilewati oleh setiap ibu hamil sebelum bertemu dengan si kecil. Tentu banyak ibu hamil yang harap-harap cemas menantikan momen spesial yang satu ini. Pastinya, bunda ingin mempersiapkan momen ini dengan sebaik-baiknya, mulai dari perlengkapan si kecil, persiapan fisik hingga persiapan mental. Namun seringkali ibu hamil yang sudah mendekati hari persalinan gelisah, kapan ya kira-kira hari persalinan itu akan tiba? Untuk itu, agar bunda lebih siap menghadapi momen ini, ada beberapa tanda yang perlu bunda ketahui jika waktu melahirkan sudah dekat. 

1. Kontraksi

Pada usia kehamilan 37 minggu, biasanya bunda akan mulai merasakan kontraksi. Hal ini disebabkan karena posisi janin yang sudah mulai turun ke panggul. Tapi kontraksi sendiri ada beberapa macam, ada juga kontraksi palsu yang  bisa disebabkan karena bunda lapar atau kurang minum. biasanya kontraksi palsu ini tidak terlalu kuat dan intens. Menjelang persalinan, kontraksi akan lebih sering bunda rasakan. jika kontraksi semakin kuat dan intens maka segera berangkat ke tempat bersalin ya bun.

2. Leher rahim terbuka

Ketika tubuh mempersiapkan untuk proses persalinan, maka leher rahim atau serviks mulai melebar dan menipis. Ciri ciri ini umumnya mulai muncul pada beberapa hari sebelum persalinan tiba. Jadi, terbukanya leher rahim juga bisa dikatakan sebagai tanda awal akan melahirkan atau awal persalinan. 

3. Keluar Cairan Kental

Saat hamil, mulut rahim dilapisi oleh lendir atau cairan kental berwarna cokelat, merah muda, atau guratan merah. Lendir ini akan luruh dan keluar dalam beberapa hari sebelum melahirkan. Bisa dalam satu gumpalan atau sedikit-sedikit dalam beberapa hari. Untuk memastikan kalau cairan kental itu bukan pendarahan, maka periksakan ke dokter atau bidan ya bun.

4. Pecah Ketuban

Kantong ketuban adalah selaput pembungkus cairan yang berperan sebagai pelindung bayi selama berada di dalam kandungan. Kebanyakan kasus air ketuban yang pecah merupakan tanda kelahiran yang umumnya terjadi beberapa jam sebelum persalinan dimulai.

5. Lebih Sering Kram dan Nyeri Punggung

Menjelang persalinan, otot-otot dan sendi meregang dan tubuh terasa pegal-pegal. Biasanya bunda juga akan mengalami kram yang lebih sering. Bunda juga mungkin akan merasalam nyeri yang lebih sering, khususnya di area pangkal paha dan punggung.

6. Lebih Mudah Bernafas

Saat bayi sudah turun ke panggul, maka tekanan pada diafragma akan berkurang sehingga membuat bunda lebih mudah untuk bernapas. Bayi yang sudah turun ke panggul merupakan salah satu pertanda jika waktu persalinan sudah dekat.

7. Semakin Sering ke Toilet

Perubahan posisi bayi yang turun dapat memberikan lebih banyak tekanan pada kandung kemih. Sehingga bunda mungkin akan lebih sering bolak-balik ke toilet meski baru saja buang air kecil. Meskipun begitu,  pastikan bunda tetap banyak minum air putih agar tetap terhidrasi.

8. Sendi Lebih kendur

Sekitar satu minggu sebelum waktu melahirkan tiba, hormon relaksin akan membuat semua ligamen menjadi lemas dan kendur. Dan sebelum persalinan terjadi, sendi-sendi dalam tubuh pun akan terasa lebih kendur. 

9. Perubahan energi dalam tubuh

Beberapa ibu hamil mungkin ada yang merasa ingin terus berbaring dan berleyeh-leyeh. Namun, ada juga beberapa ibu hamil lainnya justru merasakan adanya ledakan energi yang besar mendekati hari persalinan. Saking kuatnya lonjakan energi tersebut, ibu hamil yang mau melahirkan mungkin merasa ingin membersihkan dan merapikan segala sesuatu yang ada di sekitarnya hihi.
Nah itu dia bun, beberapa tanda tanda ibu hamil mau melahirkan dalam waktu dekat. Semoga bunda yang sedang mempersiapkan hari persalinan diberikan kelancaran dan kemudahan ya. Jangan khawatir bun, bunda pasti bisa kok menghadapi dan menjalaninya.


Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *