Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Tanda Ibu Hamil Kekurangan Kalsium yang Harus Diwaspadai

Haloo Bund..

Saat hamil, ibu hamil perlu memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh maupun janin dapat terpenuhi. Salah satu jenis nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah kalsium. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Jumlah kalsium yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil adalah 1000 miligram setiap harinya. Kekurangan kalsium selama kehamilan dapat memperbesar resiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat rendah. oleh sebab itu, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan. lalu apa saja ya tanda tanda ibu hamil mengalami kekurangan kalsium selama kehamilan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Penurunan Daya Ingat

Saat bunda tidak mendapatkan cukup kalsium, ada kemungkinan bunda akan mengalami penurunan daya ingatan sehingga menjadi mudah lupa. Untuk mencegahnya pastikan bunda mengonsumsi makanan aman yang tinggi kalsium seperti susu, yoghurt, keju, kurma, serta pisang.

2. Sering Kesemutan

Kekurangan kalsium juga dapat membuat peredaran darah menjadi kurang lancar. Sehingga Hal tersebut dapat menyebabkan kesemutan. Tentunya kondisi kesemutan di beberapa bagian tubuh ini membuat aktifitas ibu hamil menjadi tidak nyaman. Jika bunda sering mengalami hal ini, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi kalsium ya bun.

3. Sering Merasakan Kram

Kurangnya kadar Kalsium dari kebutuhan normal yang diperlukan tubuh, dapat membuat otot-otot tubuh ikut bereaksi dan mengalami kaku atau keram. Terutama ketika berat badan mulai meningkat dan ukuran perut semakin membesar. area yang sering kram akibat kurangnya asupan kalsium adalah bagian kaki, punggung dan perut. Jika kram ini terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter ya bun.

4. Mood Tidak Stabil

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peran penting bagi kesehatan fisik dan mental. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan mood bunda menjadi tidak stabil. Jika keadaan ini tidak ditangani dengan baik, tentu bunda akan mengalami kelelahan karena mood yg tidak terkendali dengan baik.

5. Halusinasi

Yang paling parah, kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami halusinasi. Jika bunda mengalami kondisi ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah ini disebabkan oleh kekurangan Kalsium atau gejala lainnya seperti preeklampsia.

Nah itu dia bun, beberap tanda tanda ibu hamil kekurangan kalsium selama kehamilan. Jika bunda curiga bunda mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah kebutuhan kalsium bunda sudah tercukupi atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *