Kehamilan

Tanda Ibu Hamil Cukup Gizi Selama Kehamilan

Haloo Bund!

Freepik.com

Kecukupan gizi selama kehamilan merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh ibu hamil. Dengan tercukupinya gizi ibu hamil tersebut dapat membantu janin tumbuh dengan lebih optimal.  Kecukupan gizi tersebut bisa didapatkan ibu hamil dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang selama kehamilan. Itulah mengapa penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan pola makan dan menghindari kebiasaan menunda-nunda waktu makan. Nah saat gizi bunda terpenuhi, maka ada beberapa tanda yang dapat terlihat dan bunda rasakan. Kira-kira apa saja ya Tanda Ibu Hamil Cukup Gizi Selama Kehamilan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Pertambahan Berat Badan

Peningkatan berat badan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap ibu hamil. Jika bunda mengalami pertambahan berat badan secara konstan selama kehamilan maka hal itu dapat menjadi salah satu tanda jika gizi bunda terpenuhi dengan baik. Sehingga, apabila berat badan bunda tidak kunjung mengalami peningkatan setelah lewat dari trimester pertama, apalagi diikuti oleh gejala lain seperti pusing dan mudah lelah, maka bunda perlu waspada dan sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter.

2. Mempunyai Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Perlu bunda ketahui bahwa jika bunda makan banyak, maka belum tentu kebutuhan gizi bunda otomatis terpenuhi. Sebab faktor kualitas makanan juga tak kalah penting dalam mencukupi gizi selama kehamilan. Jika bunda makan banyak namun makanan yang bunda konsumsi tersebut minim gizi maka hanya akan meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Adapula ibu hamil yang memutuskan untuk diet karena takut mengalami pertambahan berat badan. Hal-hal seperti itulah yang akhirnya membuat bunda kekurangan gizi. Oleh sebab itu, ibu hamil yang mempunyai pola makan yang sehat dan bergizi seimbang merupakan salah satu tanda ibu hamil yang memiliki kecukupan gizi dengan baik.

3. Pertumbuhan Janin Normal

Saat kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik maka janin di dalam kandungan pun dapat tumbuh dengan lebih optimal. Salah satu indikator pertumbuhan janin baik adalah pertumbuhannya secara fisik seperti berat badan dan panjang janin. Untuk dapat mengetahui hal tersebut, bunda dianjurkan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Jika pertumbuhan janin kurang atau lebih kecil dari yang seharusnya, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi kekurangan gizi dan nutrisi saat hamil.

4. Minim Keluhan

Jika saat hamil bunda jarang atau bahkan tidak pernah mengalami keluhan seperti sering merasa pusing, tekanan darah yang tidak normal, serta tubuh yang terasa sehat dan bugar maka bunda perlu bersyukur dan perlu menjaga kondisi tersebut. Kondisi tersebut juga dapat disebabkan karena kebutuhan gizi bunda selama kehamilan terpenuhi dengan baik. Namun tidak mengalami keluhan selama kehamilan jangan sampai membuat bunda lengah dan bersikap abai. Tetap periksakan kehamilan secara rutin untuk memantau kondisi janin serta lanjutkan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

Nah itu dia bund, beberapa tanda yang mengindikasikan kebutuhan gizi ibu hamil selama kehamilan terpenuhi dengan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *