Perawatan Bayi, Tips Parenting

Tanda Fisik Jika Bayi sudah Siap Diberikan MPASI

Hello Parents..

MPASI merupakan makanan pendamping ASI yang Idealnyadiberikan pada bayi saat usianya memasuki bulan ke-6. Seiring dengan proses perkenalannya dengan makanan padat, bayi masih membutuhkan asupan ASI di beberapa waktu tertentu sesuai dengan jadwal makannya. Di awal-awal pemberian MPASI mungkin bayi akan sedikit kesulitan karena perbedaan terkstur dan rasa yang ia rasakan. Namun seiting waktu bayi akan mulai terbiasa untuk mengonsumsi MPASI. Nah sebelum memberikan MPASI pada bayi, parents perlu memperhatikan beberapa hal yang menunjukkan bayi sudah siap diberikan MPASI. Kira-kira apa saja ya tanda fisik bayi yang sudah siap diberikan MPASI?

Yuk, kita bahas parents..

1. Mampu Mengangkat Kepalanya Sendiri

salah satu ‘petunjuk’ untuk mulai memberikan MPASI kepada bayi adalah ketika bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri. Selain mengangkat kepalanya sendiri, pastikan bayi juga sudah bisa menahan agar lehernya tetap tegak tanpa harus bersandar atau diberi bantuan. Perkembangan ini menunjukkan bayi sudah dapat menjaga keseimbangan tubuhnya pada saat makan.

2. Dapat Duduk Sendiri

Bayi dapat dikatakan sudah siap untuk belajar makan makanan padat atau MPASI saat ia sudah dapat duduk sendiri dengan sedikit bantuan atau bahkan tanpa bantuan orang lain. Alangkah lebih baik jika bayi sudah dapat menjaga keseimbangannya saat duduk. Sebab bayi biasanya akan tertarik meraih makanan yang diberikan kepadanya. Sehingga kondisi ini akan mempermudah parents saat menyuapi MPASI padanya.

3. Keterampilan oromotor yang semakin baik

Keterampilan oromotor adalah kemampuan bayi yang melibatkan sistem gerak otot pada area rongga mulut. Sistem gerak otot di area mulut ini mencakup gigi, rahang, lidah, bibir, serta langit-langit mulut. Jika sebelumnya bayi hanya mampu mengisap dan menelan cairan, kini ia sudah bisa mengunyah dan menelan makanan dengan tekstur yang lebih kental dan padat. Namun kemampuan ini sebaiknya perlahan dilatih saat usianya mencapai 6 bulan.

4. Tertarik dengan Makanan

Bayi yang sudah siap makan MPASI biasanya akan menunjukkan ketertarikan saat melihat makanan di hadapannya. Misalnya, bayi terlihat berusaha menggerakkan tubuhnya untuk meraih makanan yang ada di dekatnya. Untuk merangsang ketertarikannya akan makanan parents bisa makan di dekat si kecil agar ia memperhatikan parents saat sedang makan.

5. Memiliki koordinasi tangan dan mulut yang baik

Koordinasi antara tangan dan mulut yang berjalan dengan baik dapat melancarkan proses belajar makan MPASI bagi bayi. Perhatikan saat bayi banyak memerhatikan, mengambil, hingga mengarahkan makanan yang ia ambil ke dalam mulutnya, itu tandanya bayi sudah siap diberikan MPASI.

Nah itu dia parents, beberapa tanda jika bayi sudah siap diberikan MPASI. Selamat menikmati fase pemberian MPASI pada si kecil ya parents, Nikmati segala proses dan drama yang terjadi hehe. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *