Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Tanda Bayi Sudah Kenyang ASI

ASI merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Namun saat menyusui si kecil kerap kali orang tua khususnya sang bunda sulit mengetahui kapan sebenarnya si kecil sudah kenyang. Nah sebenarnya saat ia sudah kenyang bayi akan menunjukkan beberapa tanda tertentu. Nah agar parents lebih peka pada bayi yang sudah kenyang, berikut akan kita bahas beberapa tanda bayi yang sudah kenyang ASI.

Yuk, kita bahas parents..

1. Buang Air Kecil 8-10 Kali Sehari

Tanda yang bisa dilihat pada bayi yang cukup minum ASI adalah melalui frekuensi buang air kecilnya. Jika bayi buang air kecil lebih dari delapan kali sehari, maka artinya ia sudah cukup minum. Sebaiknya selesai minum ASI parents memeriksa popok si kecil. Amati berapa sering si kecil buang air kecil setiap harinya. Selain itu, Jangan lupa untuk segera ganti popok si kecil apabila popoknya mulai lembab

2. Urinnenya Tidak Berwarna

Sama sepertihalnya kita, jika kita kurang minum maka tentu warna urine kita akan menjadi kekuningan, begitu halnya dengan si kecil. Bayi yang kurang minum, akan memiliki urine yang berwarna kuning Sedangkan ika Si Kecil cukup minum, urinenya akan tampak seperti air bening.

3. Tampak Riang

Bayi yang kenyang setelah menyusui biasanya akan menjadi tidak rewel dan tampak lebih riang. Jika ia menangis setalah menyusui ada 2 kemungkinan, kemungkinan pertama si kecil masih belum puas, sedangkan kemungkinan kedua si kecil mengalami perut kembung. Untuk itu, penting bagi parents untuk menyendawakan si kecil setelah menyusu.

4. Frekuensi Buang Air Besar

Bayi yang kenyang ASI umumnya akan buang air besar setidaknya 5 kali dalam sehari. Kondisi ini menandakan sistem pencernaan bayi berjalan dengan baik. Hal ini penting apalagi pada minggu-minggu pertama si kecil. Namun Pada usinya mencapai enam minggu, frekuensi ini akan mulai berkurang dengan sendirinya.

5. Terdengar Suara Menelan

Sesekali perhatikanlah Saat si kecil sedang menyusu, umumnya bayi akan mengeluarkan suara menelan. Namun, ada pula bayi tidak berisik saat menyusui. Perhatikan saja apakah bayi melakukan gerakan menelan. Lihat bagaimana pipinya bergerak, lidahnya berdecap, Jika parents mendengar adanya suara menelan dari si kecil itu menjadi salah satu pertanda si kecil dapat menyusu dengan baik.

Nah itu dia parents, beberapa pertanda yang menunjukkan jika si kecil kenyang ASI. Mudah-mudahan paremts dan si kecil dapat menjalani fase menyusui ini dengan baik ya. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *