Parenting, Perawatan Bayi

Tanda Bayi Mengalami Sembelit yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh bayi adalah sembelit. Biasanya hal ini mulai terjadi saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat. Peralihan dari makanan cari ke makanan padat itulah biasanya yang menyebabkan terjadinya sembelit karena sistem pencernaannya yang masih beradaptasi. Tentu masalah ini jika dibiarkan tidak baik dan dapat membuat bayi menjadi lebih rewel, untuk itu, parents perlu mengetahui tanda-tanda bayi yang mengalami sembelit untuk membantu si kecil dalam menghadapi permasalahan pencernaan satu ini.
Kira-kira apa saja ya tanda sembelit pada bayi?

Yuk, kita bahas parents..

1. Jarang Buang Air Besar

Frekuensi buang air besar pada bayi memang sulit untuk dipredikasi, terutama saat si kecil sudah dikenalkan pada makanan baru. Jika si kecil tidak buang air besar lebih dari beberapa hari, dan kemudian buang air besar dengan rewel, maka kemungkinan si kecil mengalami sembelit.

2. Menangis saat Mengejan

Sembelit tidak hanya ditandai dengan jarangnya si kecil buang air besar, namun juga biasanya dibarengi dengan fesesnya yang keras. Jika si kecil rewel dan menangis saat buang air besar, ini mungkin merupakan tanda bayi mengalami sembelit.

3. Ada Garis Darah

Jika Parents melihat garis-garis darah merapada poop si kecil, kemungkinan itu merupakan akibat dari robekan kecil di sekitar dinding anus yang menandakan si kecil berusaha keras untuk buang air besar. Hal tersebutlah yang kemudian menyebabkan adanya sedikti darah saat ia buang air besar.

4. Perutnya Kencang

Perut yang kencang juga bisa menjadi salah satu tanda bayi mengalami sembelit. Kembung dan tekanan yang disebabkan oleh sembelit dapat membuat perut si kecil terasa penuh atau kencang.

5. Tidak Mau Makan

Bayi yang mengalami sembelit mungkin akan merasa cepat kenyang, sehingga bayi akan menolak diberikan makanan. Nah, jika Parents menemui beberapa tanda seperti di atas, parnets bisa sesegera mungkin untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan cara memberikan bayi lebih banyak cairan atau makanan yang berserat.

Nah itu dia parents, beberapa tanda bayi yang mengalami sembelit. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *