Perawatan Bayi, Tips Parenting

Tanda Bayi Kurang Tidur yang Harus Diketahui Orang Tua

Hello Parents..

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Di awal-awal kelahirannya bayi memang banyak menghabiskan waktunya untuk tertidur. Sebab menurut Baby Center, bayi yang baru lahir membutuhkan sekitar 16 hingga 17 jam tidur dalam sehari. Seiring pertambahan usianya waktu tidur bayi juga akan ikut berkurang seiring bertambahnya kemampuan dan aktivitas bayi. Nah apabila waktu tidur bayi kurang atau tidak mencukupi tentu dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh si kecil. Untuk itu, orang tua perlu lebih peka terhadap tanda-tanda bayi yang kurang tidur. Kira-kira apa saja ya tanda jika bayi kurang tidur?

Yuk, kita bahas parents..

1. Suka Menggosok Mata

Saat bayi terlihat sering menggosokkan matanya itu merupakan salah satu tanda dari bayi jika ia sedang lelah dan mengantuk. Umumnya bayi juga akan menguap dan suka menggeliat saat sedang menggosoknya. Jika si kecil menunjukkan tanda ini maka parents harus segera berusaha menidurkan bayi dengan cara mengajaknya ke tempat tidur. Jika si kecil kesulitan untuk tidur, maka parents bisa menimang-nimangnya agar ia dapat tertidur dengan nyenyak.

2. Rewel

Orang yang kekurangan tidur, biasanya akan jadi lebih mudah marah. Begitupun halnya dengan bayi. Jika bayi tiba-tiba jadi lebih rewel, mudah marah dan menangis, maka kondisi itu bisa jadi pertanda bayi yang kekurangan tidur. Rasa kantuknya yang hebat membuat bayi menjadi lebih rewel dan apapun yang kita lakukan menjadi serba salah. Jika si kecil terlihat seperti ini, maka parents bisa segera berusaha untuk menidurkannya . Jika bayi mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas maka saat ia terbangun maka moodnya akan kembali normal.

3. Tidak Tertarik Bermain

Bermain biasanya merupakan salah satu aktivitas yang sangat disukai oleh bayi. Namun jika bayi sedang lelah dan mengantuk maka aktivitas ini akan terlihat membosankan bagi si kecil. Jika kondisi ini terjadi maka sebaiknya hentikan aktivitas bermain, kemas mainan yang berserakan dan segera tidurkan si kecil. Bayi yang kurang tidur tidak baik bagi kesehatan fisiknya maupun mentalnya. Jadi parents perlu memperhatikan kecukupan waktu tidur si kecil.

4. Terdengar Mendengkur

Tidur nyenyak bukan hanya soal lamanya waktu tidur si kecil, tapi juga soal kualitasnya. Maka jika bayi terdengar sering mendengkur saat ia sedang tertidur, kondisi itu dapat menandakan bayi sedang kelelahan dan kurang tidur. Namun jika kondisi mendengkur ini terjadi secara terus menerus padahal parents yakin bayi sudah tidur dengan waktu yang cukup, maka parents bisa memeriksakannya ke dokter untuk memastikan bayi tidak mengalami masalah pernafasan.

Nah itu dia parents, Beberapa ciri-ciri bayi yang kurang tidur. Mengingat pentingnya aktvitas tidur ini untuk si kecil, maka jangan sepelekan aktvitas yang satu ini ya parents. Bantulah bayi untuk memenuhi waktu tidurnya. Semoga informasi ini bermanfaat parents.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *