Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Stop! Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Ganggu Kehamilan

Haloo Bund..

Saat hamil, bunda akan mengalami berbagai perubahan baik secara hormon maupun secara fisik. Sehingga ada beberapa hal yang biasa bunda lakukan selama sebelum kehamilan menjadi tidak baik jika dilakukaan saat hamil. sebab beberapa kebiasaan tersebut dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kehamilan. Tentu bunda ingin menjalani kehamilan secara lancar bukan? oleh sebab itu, bunda perlu memperhatikan segala aktifitas yang bunda lakukan selama kehamilan. Kira-kira apa saja ya kebiasaan ibu hamil yang sebaiknya dihentikan karena dapat memberikan gangguan selama kehamilan?

Yuk, kita bahas bun..

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Kondisi setiap ibu hamil dengan ibu hamil lainnya tidaklah sama.Masing-masing memiliki kondisi dan ciri khas yang berbeda. Sehingga terkadang secara refleks diri kita atau orang lain selalu membanding-bandingkan antara diri sendiri dengan yang lain. Hal seperti ini perlu bunda jauhi karena dapat menimbulkan perasaan tak nyaman dan menurunkan percaya diri. Sehingga membuat ibu hamil menjadi lebih mudah stress, padahal perasaan stress dapat memberikan dampak negatif bagi janin.

2. Bekerja Terlalu Keras

Bergerak dan beraktifitas memang baik bagi kebugaran tubuh ibu hamil. namun saat hamil bunda perlu menyadari bahwa kini ada makhluk lain didalam tubuh bunda. sehingga bunda jangan sampai memaksakan diri melakukan semua pekerjaan seorang diri. agar perkembangan janin lebih optimal bunda perlu menyeimbangkan hal tersebut dengan istirahat yang cukup.

3. Memakai Pakaian yang Ketat

Selama awal kehamilan, pembuluh darah akan membesar sebagai persiapan untuk peningkatan volume darah yang berkembang untuk janin. Menggunakan pakaian ketat dapat mengganggu sirkulasi darah dan membuat terasa kebas di beberapa bagian tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya saat hamil bunda memilih pakaian yang lebih longgar dan nyaman untuk bunda gunakan.

4. Memakai Sepatu Berhak Tinggi

Memakai sepatu berhak tinggi sebaikny bunda hindari dulu selama kehamilan. sebab kebiasaan ini lebih berisiko membuat bunda terjatuh dan membahayakan janin. Selain itu, penggunaan sepatu berhak tinggi juga berisiko membuat bunda mengalami nyeri punggung karena adanya perubahan postur tubuh. sebaiknya bunda memilih sepatu yang memiliki alas yang datar dan lebih empuk

5. Makan Makanan Pedas

Pola Makan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Jika sebelumnya bunda merupakan pecinta makanan pedas, maka sebaiknya kebiasaan satu ini lebih dibatasi ya bun.Meski belum ada penelitiannya antara makan makanan pedas dengan janin, namun kebiasaan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan. Sebab hal ini bisa memicu rasa mual, nyeri perut, atau bahkan kembung terus-menerus.

Nah itu dia bun, beberapa kebiasaan ibu hamil yang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *