Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil demi Kesehatan Janin

Haloo Bund..

Mengonsumsi sayur-sayuran merupakan hal yang dianjurkan bagi ibu hamil. sebab sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh bunda maupun perkembangan janin. Selain itu mengonsumsi sayur mayur secara rutin juga bemanfaat bagi kesehatan kulit dan pencernaan bunda. Namun bukan berarti ibu hamil boleh mengonsumsi segala macam jenis sayur-sayuran. ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya bunda hindari karena malah dapat membahayakan janin di dalam kandungan. kira-kira apa saja ya sayur-sayuran yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

Yuk, kita bahas bun..

1. Daun Pepaya

Sayur daun pepaya memiliki rasa pahit namun cukup banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Namun selama hamil, bunda sebaiknya meghindari mengonsumsi daun pepaya terlebih dahulu. Sebab daun ini diduga dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan karena kandungan yang terdapat didalamnya. Sebaiknya bagi bunda yang menggemari sayuran satu ini, bunda dapat menggantinya dengan mengonsumsi sayuran lain seperti brokoli, kacang panjang, ataupun bayam.

2. Lalapan Mentah yang Tidak Dicuci dengan Benar

Lalapan kerap dijadikan menu pelengkap saat makan. menu ini diyakini dapat meningkatkan selera makan. namun saat hamil sebaiknya bunda menghindari mengonsumsi sayur lalapan mentah terlebih dahulu. Sebab permukaan sayuran yang tidak dicuci atau dikupas beresiko terkontaminasi beberapa bakteri dan parasit yang dapat menimbulkan gangguan selama kehamilan. Jadi lebih baik bunda menghindari lalapan mentah terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan dari bakteri atau parasit tertentu.

3. Tauge Mentah

Tauge merupakan salah satu sayuran yang sering dicampurkan kedalam berbagai masakan di indonesia seperti soto, bakso, ketoprak, dan lain-lain. Namun perlu bunda ingat, bunda sebaiknya menghindari mengonsumsi tauge yang masih mentah karena berpotensi terdapat bakteri dan parasit yang bisa membahayakan kehamilan. Jadi saat sebelum memakannya pastikan tauge tersebut sudah dicuci dengan benar dan dimasak sampai matang ya bun.

4. Pare

Pare merupakan salah satu sayuran yang terkenal karena memiliki rasa yang pahit, meskipun begitu banyak yang menyukai sayuran satu ini. Namun ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi sayuran ini, sebab senyawa alkali yang terdapat pada sayuran ini bisa membuat bunda mengalami sakit perut, diare, dan mual. jadi sebaiknya demi kebaikan bunda dan janin, hindari dulu sayuran satu ini ya, bunda bisa menggantinya dengan jenis sayuran yang lain.

5. Kangkung Mentah / Setengah Matang

Siapa yang tidak suka dengan sayuran satu ini. kangkung merupakan sayuran yang populer bagi masyarakat indonesia. kangkung sangat cocok ditumis menjadi masakan cah kangkung. Namun ibu hamil perlu memperhatikan aturan saat memakan kangkung. Sebab jika kangkung tidak dicuci dan dimasak secara benar maka mikroba  yang terdapat pada kangkung dapat masuk kedalam tubuh bunda. Jadi pastikan sebelum mengonsumsinya bunda sudah mencuci dan memasaknya dengan benar ya.

Nah itu dia bun, beberapa sayuran yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *