Kehamilan, Kesehatan, Perkembangan & Gerakan Janin, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Risiko yang Bisa Terjadi Jika Ibu Hamil Suka Makan Pedas

Haloo Bund..

Saat hamil, bunda memang dituntut untuk memperhatikan apa-apa yang bunda konsumsi selama kehamilan. Sebab dampaknya tidak hanya dirasakan oleh bunda saja, melainkan juga dapat dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Nah siapa diantara bunda disini yang suka sekali dengan makanan pedas? Jika ya, maka bunda perlu berhati-hati ya dan perlu membatasi mengonsumsi makanan pedas. Sebab makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kehamilan dan juga kandungan. Nah kira-kira apa saja ya risiko yang bisa terjadi jika ibu hamil makan makanan pedas secara berlebihan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Perut Mulas

Risiko pertama yang bisa bunda alami tentunya adalah timbulnya rasa mulas. Walaupun kondisi ini terdengar sepele, namun jika hal ini bunda alami tentu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan mengganggu aktivitas harian bunda. Sehingga bunda perlu menghindar kondisi ini agar tetap dapat beraktivitas dengan nyaman.

2. Diare

Makanan pedas memang dikenal dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Jika bunda mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan maka dapat meningkatkan risiko diare pada bunda. Kondisi ini tentu bukanlah hal yang baik, sebab masalah ini bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil. Selain itu kondisi ini bahkan dapat menyebabkan volume air ketuban menjadi berkurang sehingga membuat perkembangan janin jadi terganggu.

3. Menyebabkan Asam Lambung

Jika bunda menderita penyakit maag atau asam lambung sebaiknya bunda menghindari mengonsumsi makanan pedas terlebih dahulu, khususnya jika bunda sudah memasuki trimester kedua. Sebab mengkonsumsi makanan pedas dapat memperparah sakit maag atau asam lambung sehingga membuat perut bunda menjadi tidak nyaman. Selain itu, makan pedas juga meningkatkan refluks lambung yang membuat bunda mengalami heartburn yang ditandai dengan rasa terbakar di sekitar area perut bagian atas dan menjalar ke kerongkongan.

4. Memperparah Morning Sickness

Morning sickness adalah hal yang biasa dan normal terjadi di awal kehamilan. Biasanya kondisi ini akan membuat bunda merasa mual bahkan muntah yang seringnya terjadi di pagi hari. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Namun, kondisi ini bisa semakin arah jika bunda mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan terutama di awal kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa risiko bila ibu hamil mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Jadi sebaiknya batasi makanan pedas terlebih dahulu ya bund untuk menghindari berbagai risiko yang bisa bunda alami. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *