Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Rekomendaasi Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Haloo Bund..

Buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah-buahan sendiri ada banyak macam jenisnya yang memiliki tektur dan rasa yang berbeda. Kalau bunda sendiri paling suka buah apa nih? Share di kolom komentar ya hehe. Nah pada edisi kali ini akan kita bahas rekomendasi jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentunya buah-buahan ini memiliki nutrisi yang sangat baik, rasa yang enak, dan tentunya mudah bunda dapatkan di kehidupan sehari-hari.

Yuk, kita bahas bund..

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah-buahan yang mempunyai cita rasa yang menyegarkan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah apel atau potongan buah apel sehari-hari. Bunda juga dapat mengolah apel kedalam jus segar untuk diminum. Nutrisi penting di dalam buah apel yang baik bagi bunda dan janin diantaranya adalah serat, Vitamin A, Vitamin C, dan kalium. Selain itu, bunda yang rutin mengonsumsi buah apel dapat menurunkan risiko bayi mengalami alergi dan asma saat terlahir nanti

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah-buahan yang tentunya mudah bunda dapatkan dimana-mana. Buah yang kaya akan kalium dan kalori ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pisang juga dapat menjadi alternatif bagi bunda yang mengalami morning sickness di awal kehamilan. Jadi, bunda bisa menjadikan pisang sebagai menu cemilan sehat sehari-hari.

3. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat berguna sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah jeruk selama kehamilan. Selain kandungan nutrisinya, kandungan air yang cukup tinggi didalamnya dapat mengurangi risiko dehidrasi pada bunda.

4. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang cukup tinggi yang sangat baik dalam mendukung perkembangan syaraf dan otak janin. Selain itu alpukat juga merupakan sumber lemak nabati yang baik bagi tubuh. Bunda yang mengalami keram atau kaki bengkak saat hamil juga dianjurkan mengonsumsi buah alpukat untuk membantu meredakan keluhan tersebut.

5. Mangga

Selain buah jeruk, buah mangga juga merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung Vitamin C yang cukup tinggi. Dimana Vitamin C sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bunda. Selain itu mangga cukup sering dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi morning sickness di awal kehamilan.

6. Buah Kering

Jenis buah kering yang bisa bunda pilih diantaranya adalah kurma dan beragam jenis buah beri. Buah kering umumnya memiliki rasa yang manis, dan sangat praktis untuk dijadikan camilan sehari-hari bagi ibu hamil. Bahkan buah kurma bagus dijadikan buah-buahan untuk dikonsumsi ibu hamil yang akan melahirkan.

Nah itu dia bun, beberap rekomendasi buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ada buah-buahan yag tidak termasuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak baik ya bun, sebab masih ada beberapa buah-buah lain yang juga baik seperti buah melon, buah pir, dan lain-lain. Namun ingat, sebelum mengkonsumsi buah cuci bersih atau kupas kulitnya terlebih dahulu ya bun. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *