Kehamilan

Pertanda Bahaya pada Masa Kehamilan

Haloo Bund!

Kehamilan seringkali menyebabkan terjadinya beberapa perubahan yang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan, Kondisi tersebut merupakan suatu hal yang wajar dan merupakan bagian dari pengorbanan ibu hamil. Namun ada beberapa kondisi tertentu yang harus diwaspadai oleh ibu hamil karena dapat menjadi suatu tanda bahaya pada masa kehamilan. Nah agar bunda lebih waspada dan peka akan kondisi kehamilan, berikut akan kita bahas beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahaya selama masa kehamilan. Kira-kira apa saja ya?

Freepik.com

1. Muntah Terus Menerus dan Tidak Mau Makan

Kondisi mual dan muntah merupakan salah satu keluhan yang cukup umum yang dirasakan oleh ibu hamil khususnya di awal kehamilan. Namun apabila muntah terjadi secara terus menerus apalagi dibarengi oleh bunda yang tidak mau makan maka kondisi ini dapat menjadi salah satu tanda bahaya pada masa kehamilan. Sebab bunda membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan gizi bunda dan mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Jika kondisi ini bunda rasakan, maka segera periksakan dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Terjadi Perdarahan

Perdarahan yang terjadi selama kehamilan juga perlu bunda waspadai sebagai suatu tanda akan adanya suatu masalah yang bisa membahayakan kehamilan. Sehingga jika perdarahan ini terjadi selama kehamilan apalagi diiringi oleh rasa nyeri atau sakit di perut, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Sehingga dengan begitu, bunda dapat mengetahui penyebabnya secara pasti serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Demam Tinggi

Kondisi demam dapat menandakan adanya suatu infeksi di dalam tubuh. Sehingga jika bunda mengalami demam tinggi yang tidak kunjung turun setelah lebih dari 2 atau 3 hari maka sebaiknya bunda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Sebab kondisi tersebut dapat menandakan adanya suatu infeksi yang dapat membahayakan kehamilan. Saat mengalami demam, sebaiknya perbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

4. Bengkak Sekujur Tubuh

Saat hamil tubuh bunda pasti akan mengalami perubahan seperti berat badan yang kian bertambah dan terjadinya sedikit pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki, hingga wajah. Namun jika pembengkakan tersebut terjadi di sekujur tubuh dan disertai dengan pusing kepala, nyeri ulu hati, dan pandangan  yang kabur maka itu bisa menjadi salah satu tanda bahaya pada kehamilan karena mengindikasikan bunda mengalami preeklampsia. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

5. Air Ketuban Pecah Sebelum Waktunya

Air ketuban yang pecah atau merembes sebelum waktunya juga menjadi salah satu tanda bahaya pada masa kehamilan yang perlu bunda waspadai. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi di dalam kandungan serta dapat membahayakan keselamatan janin. Oleh sebab itu, jika hal ini terjadi pada bunda maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya bund.

Nah itu dia bund, beberapa hal atau kondisi yang dapat menandakan suatu bahaya pada masa kehamilan. mudah-mudahan bunda semua terhindari dari hal-hal tersebut ya.

Semoga informasi ini bermanfaat bund.

Artikel ini telah direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *