Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Perkembangan Janin yang Ideal Usia 5 Bulan

Haloo Bund..

Mengikuti perkembangan janin merupakan salah satu aktifitas seru yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Selain dapat memantau milestone perkembangan janin, hal tersebut dapat memberikan tambahan semangat dalam menjalani kehamilan. Pada edisi kali ini kita akan membahas perkembangan janin pada usia 5 bulan kehamilan. Usia ini kerap dianggap sebagai fase yang paling nyaman bagi ibu hamil karena tubuh yang sudah mulai beradaptasi dengan perubahan selama kehamilan. Kira-kira ada hal menarik apa saja ya yang terjadi pada si kecil pada usia 5 bulan? dan bagaimana perkembangan idealnya pada usia 5 bulan ini?

Yuk kita bahas bund..

1. Usia 21 Minggu

Pada awal kehamilan 5 bulan yaitu pada usia 21 minggu, janin didalam kandungan memiliki panjang sekitar 26 cm dengan berat sekitar 340 gram. kini bobot tubuhnya sudah lebih berat dari plasenta. Tubuh janin mulai dipenuhi oleh lanugo atau bulu-bulu halus yang berfungsi menjaga suhu tubuh si kecil. Biasanya lanugo akan menghilang sendiri sebelum janin lahir. Selain itu, pada usia ini, kelopak matanya sudah selesai terbentuk. MeskipunParu-parunya belum bekerja secara sempurna, tapi ia sudah mulai latihan bernapas. Ayo semangat anaknya bunda hihi.

2. Usia 22 Minggu

Pada usia ini si kecil sudah berukuran seperti labu kecil dengan panjang sekitar 27 cm dan berat sekitar 453 gram. Bayi sudah mulai menelan cairan ketuban, sebagai pertanda bahwa pencernaannya sudah mulai digunakan. Pada usia ini pula janin  sudah bisa merasakan sentuhan atau dapat mulai menghisap jempolnya. Pada usia kehamilan 22 minggu ini pula, bibir, kelopak mata, dan alis janin sudah mulai terlihat dengan jelas.

3. Usia 23 Minggu

Saat usianya mencapai 23 minggu, panjang janin bertambah 1 cm dari usia sebelumnya, yaitu sekitar 28 cm. Janin sudah dapat menggerakkan lengan, kaki, jari tangan, serta jari kakinya, sehingga bunda pun dapat merasakan gerakannya saat ia sedang aktif. Indra pendengarannya pun kini sudah semakin matang. Janin mulai mampu mendengar suara pergerakan di dalam perut dan detak jantung bunda

4. Usia 24 Minggu

Pada usia 24 minggu, bayi memiliki berat badan sekitar 600 gram dan panjang sekitar 30 cm. Kini bayi telah sedikit memiliki lemak, meski kulitnya masih sangat tipis dan lemah. Selain itu, pada usia ini, paru-parunya juga mulai berkembang dan membentuk cabang-cabang pernapasan. Perkembangan otak pada usia ini berkembang dengan pesat. Pada usia ini, sidik jari si kecil juga sudah terbentuk, Perkembangan organ vital lainnya juga sudah berkembang dengan lebih matang.

Nah itu dia bun, perkembangan janin yang ideal usia 5 bulan. Di usia ini sering dianggap adalah masa yang paling nyaman, namun meskipun begitu bunda jangan sampai lengah, tetap semangat dalam menjaga kehamilan ya bun, agar si kecil bahagia dan terlahir sehat.

Sempga informasi ini bermanfaat, Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *