Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Perkembangan Janin yang Ideal Usia 4 Bulan Kehamilan

Haloo Bund..

Mengikuti perkembangan janin merupakan salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Selain dapat memantau milestone perkembangan janin, hal tersebut dapat memberikan tambahan semangat dalam menjalani kehamilan. Pada edisi ini, akan kita bahas perkembangan janin pada usia 4 bulan kehamilan. pada usia ini sebagian besar ibu hamil mulai dapat merasakan adanya tendangan atau gerakan janin dari dalam kandungan. Tentu tendangan janin tersebut sangat dinantikan dan membuat ibu hamil menjadi haru dan bahagia. kira-kira apa saja ya yang terjadi pada janin usia 4 bulan dan bagaimana perkembangan janin yang ideal saat usainya mencapai 4 bulan kehamilan?

Yuk, kita bahas bun..

1. Usia 17 Minggu

Saar usianya mencapai 17 minggu kehamilan, ukuran janin kira-kira sudah sebesar lobak dengan panjang sekitar 12 cm dan berat badan sekitar 150 gram. Kini, tempurung kepala bayi yang tersusun dari tulang rawan mulai mengeras. Pada usia ini, Plasenta sudah berkembang pesat dengan ribuan pembuluh darah yang dapat membantu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke janin. Tali pusatnya pun sudah menjadi lebih kuat dan tebal. Pada usia ini saat bunda melakukan pemeriksaan USG bunda mungkin dapat mendengarkan detak jantung si kecil.

2. Usia 18 Minggu

Saat usianya mencapai 18 minggu, perkembangan janin semakin pesat. Pada usia ini, janin sudah memiliki berat sekitar 190- 200 gram dengan panjang 142 cm. Pada usia ini pula janin mulai bergerak untuk melatih otot-otonya.  Namun karena gerakannya yang masih malu-malu mungkin sebagian bunda belum dapat merasakannya, sedangkan ada juga sebagian ibu hamil sudah mulai merasakan gerakan janin pada usia ini, Sebab di usia ini, biasanya janin sudah bisa berguling, meninju, menendang, bahkan menguap. Jika beruntung, bunda juga sudah bisa mengetahui jenis kelamin si kecil melalui pemeriksaan USG.

3. Usia 19 Minggu

Pada usia ini janin kira-kira berukuran seperti buah mangga, dengan berat mencapai 240 gram dengan panjang 15,3 cm. Di usia 19 minggu kehamilan ini juga terjadi perkembangan yang signifikan pada pancaindra janin. Beberapa saraf, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan sentuhan telah berkembang di otak janin. Rambut-rambut halus mulai muncul dan terlihat pada usia ini. Tidak hanya itu, organ-organ dalam janin juga sudah jauh lebih berkembang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal janin sudah bisa memproduksi cairan urine secara terus-menerus. Begitu juga dengan detak jantungnya yang mulai terdengar baik.

4. Usia 20 Minggu

Saat usianya mencapai 20 minggu janin kira-kria sudah sebesar buah pisang dengan berat 290 gram dan panjang 16,5 cm. Perkembangan janin paling signifikan diusia 20 minggu kehamilan adalah janin sudah bisa menelan banyak cairan ketuban. Ini adalah latihan dasar yang dilakukan oleh Si Kecil agar sistem pencernaannya dapat berfungsi dengan baik. Pada usia ini janin sudah tumbuh semakin besar sehingga tekanan pada perut hingga kandung kemih mungkin akan bunda rasakan.

Nah itu dia bun, perkembangan janin pada usia 4 bulan. Tetap sehat dan semangat ya bunda dan si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *