Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Perkembangan Janin dari Bulan ke Bulan (1-9 Bulan Kehamilan)

Haloo bund..

Saat sedang mengandung, tentu para bumil sudah tidak sabar ingin bertemu dengan si kecil. untuk itu mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu merupakan salah satu obat rindu bagi para ibu hamil terhadap sang buah hati. proses perkembangan janin di dalam kandungan memang luar biasa bun, setelah terjadi pembuahan, janin akan terus berkembang dari bulan ke bulan. nah kira-kira bagaimana ya perkembangan demi perkembangan yang dialami oleh janin didalam kandungan pada setiap bulan kehamilan?

Yuk, kita bahas bund..

1.  Bulan Pertama

Pada usia satu bulan, biasanya janin masih berbentuk embrio yang memiliki ukuran sangat kecil seperti kacang hijau. Sebab, calon janin yang berada di dalam kandungan baru saja mengalami pembentukan. Fase pertama ini sangat rawan, sehingga bunda harus lebih berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi sesuatu pada janin.

2. Bulan Kedua

Pada bulan kedua, tulang sudah mulai terbentuk. Jaringan sistem saraf pusat pun sudah terbentuk, yaitu berupa otak, saraf tulang belakang, dan jaringan saraf tepi. Pada minggu kelima, jantung mulai terbentuk, berbarengan dengan sistem peredaran darah. Di kedua sisi kepala membentuk lipatan kecil sebagai cikal bakal telinga. Bagian wajah pun terus berkembang. Selain itu, mulai terlihat bentuk awal pertumbuhan tangan dan kaki. Ukuran embrio pada akhir bulan masih sangat kecil yaitu sekitar 2,5 cm dengan berat 9,5 g

3. Bulan Ketiga

Memasuki usia 3 bulan biasanya perut bunda akan mulai terlihat membesar. Hal ini menandakan jika semua tulang dan semua organ vital sudah terbentuk sempurna dan sudah dapat berfungsi dengan baik. Hanya saja, pada usia ini, bayi belum mampu membuka matanya dan mengaktifkan kemampuan panca indranya. Panjang tubuh janin di bulan ketiga adalah sekitar 7,5-10 cm, dengan berat 28 g.

4. Bulan Keempat

Pada bulan keempat, biasanya janin sudah bisa diprediksi jenis kelaminnya. sebab, janin laki-laki sudah memiliki prostat dan janin perempuan sudah mulai menampakkan folikel pada ovarium. janin juga sudah mulai dapat bergerak, mendengarkan suara, hingga tertidur. Mulut janin pun mulai dapat mengisap. Panjang janin di pertengahan bulan ke-4 bisa mencapai 85 mm, dengan berat sekitar 40 g.

5. Bulan Kelima

Memasuki usia 5 bulan, berat badan dan ukuran tinggi janin sudah sangat berkembang. Selain itu, tulang rawan yang membentuk janin mulai berubah menjadi tulang keras pada umumnya. Hal ini diikuti pula dengan lapisan lemak yang mulai tumbuh untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah lahir. Panjang janin di akhir bulan ini adalah 160 mm.

6. Bulan Keenam

Pada usia 6 bulan jenis kelamin janin sudah dapat mulai dilihat dengan jelas, walaupun juga tergantung pada posisi janin saat USG. Kelopak mata janin sudah jelas dan mata sudah bisa terbuka. Jari tangan dan kaki janin pun sudah tampak jelas. Denyut nadi janin dapat meningkat, sebagai tanda bahwa janin menanggapi rangsangan, terutama bila mendengar suara dari luar.  Pada bulan ini, panjang janin umumnya sekitar 190 mm, dengan berat 460 g.

7. Bulan Ketujuh

Pada usia 7 bulan, sistem organ dan tubuh janin sudah menuju sempurna. Janin sudah dapat menanggapi cahaya, merasakan sakit, mendengar suara, dan mengubah posisi posisi tubuh. Di bulan ketujuh, panjang janin bisa  mencapai 36 cm, dengan berat 900-1.800 g.

8. Bulan Kedelapan

Janin yang memasuki usia 8 bulan pada dasarnya disebut sebagai tahap pematangan. Perkembangan tersebut biasanya berpengaruh pada berat badan dan ukuran janin. Selain itu, janin juga mulai berputar menuju arah jalan lahirr. Pada saat ini, panjang janin sekitar 46 cm, dengan berat kira-kira 2,27 kilogram (kg).

9. Bulan Kesembilan

Tubuh janin pada saat ini, baik bagian luar maupun dalamnya, sudah lebih sempurna. Mata dan telinga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, kepala janin juga sudah mulai masuk ke panggul sehingga biasanya bunda akan mulai mengalami beberapa kontraksi. Panjang janin sudah mencapai 46-51 cm, dengan berat kira-kira 2,5-3,2 kg. Yeay sebentar lagi bunda akan bertemu dengan si kecil.

Nah itu dia bun, perkembangan janin dari bulan ke bulan. Mudah-mudahan si kecil dapat berkembang dan bertumbuh secara optimal ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

informasi ini ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *