Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Perkembangan Janin 8 Bulan yang Ideal, Sudah Masuk Panggul?

Haloo Bund..

Mengikuti perkembangan janin merupakan salah satu aktifitas seru yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Selain dapat memantau milestone perkembangan janin, hal tersebut dapat memberikan tambahan semangat dalam menjalani kehamilan. Pada edisi kali ini kita akan membahas perkembangan janin pada usia 8 bulan kehamilan. Hamil 8 bulan artinya bunda sudah harus memikirkan dan mempersiapkan persalinan. Kira-kira apa saja ya yang terjadi pada janin di usia 8 bulan? dan Bagaimana seharusnya perkembangan janin dari minggu ke minggu pada bulan ke-8?

Yuk, kita bahas bun..

1. Usia 33 Minggu

Pada saat usianya memasuki 33 minggu, seharusnya kepala janin sudah berada di bagian bawah mendekati posisi siap lahir. Namun ada juga janin yang masuk ke jalan lahir pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan.

Untuk itu, konsultasikan ke dokter terkait cara tepat menstimulasi agar janin masuk ke panggul.  Kulit si kecil yang tadinya merah mulai terlihat cerah dan tidak lagi keriput seiring bertambahnya lemak di bawah permukaan kulit. Pada usia ini pula, otak dan sistem saraf janin telah berkembang sempurna.

2. Usia 34 Minggu

Saat ini harusnya janin sudah memiliki berat badan lebih dari 2,1 kg dengan panjang sekitar 45 cm. Tulang-tulang pada rangka tubuhnya semakin keras, namun tempurung kepalanya masih  belum begitu kuat dan masih tahap pengerasan. Tubuhnya yang semakin panjang membuatnya berada pada posisi meringkuk di dalam kandungan dengan lutut ditekuk dan merapat ke dada. Meski demikian, masih terdapat ruang yang membuat janin tetap dapat bergerak leluasa sehingga bunda masih bisa merasakan pergerakannya

3. Usia 35 Minggu

Saat usianya mencapai 35 minggu, janin memiliki bobot sekitar 2,4 kg dengan panjang sekitar 46 cm. Tulang dan badannya semakin besar dan sempurna. Karena tubuhnya yang semakin kuat dan besar terkadang bunda mungkin dapat melihat siku atau kakinya menonjol pada permukaan perut hihi. Organ di dalam tubuhnya juga terus berkembang untuk menunjang kehidupannya setelah lahir nanti.

4. Usia 36 Minggu

Semakin bertambahnya usianya, ukuran janin pun akan semakin membesar. Pada minggu ini beratnya sekitar 2,6 kg dan panjang 47 cm. Paru-parunya telah sempurna dan siap menarik napas pertamanya begitu lahir ke dunia. Bersiap bun, tak terasa kurang lebih 1 bulan lagi bunda akan bertemu dengan si kecil untuk pertama kalinya. Semakin dekat dengan waktu persalinan, bunda perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan kehamilan di waktu ini.

Nah itu dia bun, perkembangan janin dari minggu ke minggu pada usia 8 bulan kehamilan. Tetap semangat ya bun, fase mengandung sebentar lagi akan bunda lewati, perhatikan konsumsi makanan, istirahat yang cukup, lakukan kegiatan fisik ringan, dan jangan lupa berdo’a ya, agar bunda dapat melawati fase ini dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *