Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Perkembangan Bayi 6 Bulan, Cek Yuk!

Hello Parents..

Usia 6 bulan adalah usia dimana bayi mengalami berbagai peralihan serta transisi khususnya pada makanan yang ia konsumsi. Sebab pada usia ini, bayi sebaiknya sudah mulai diberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi sudah lebih matang dan lebih siap untuk mengolah makanan padat. Selain itu, bayi di usia 6 bulan juga akan menunjukkan berbagai perkembangan yang cukup pesat terutama kemampuan motoriknya. Kira-kira bagaimana ya perkembangan bayi di usia 6 bulan yang ideal?

Yuk, kita bahas parents..

1. Keterampilan Motorik

Pada usia 6 bulan, bayi mungkin sudah mulai bisa membalikkan tubuhnya dari terlentang hingga tengkurap, merangkak, hingga duduk. Namun saat ia duduk mungkin si kecil pertama-tama akan menopang dirinya dengan tangan, namun seiring berjalannya waktu, tubuhnya dapat mulai melepaskan tangan dan duduk tanpa bantuan dari benda di sekitar. Di usia ini bayi juga sudah dapat mendorong dirinya sendiri saat berada di lantai menggunakan kedua kakinya. Terkadang bayi juga akan terlihat belajar berdiri dengan berlutut dan bergoyang-goyang. Hal Ini karena si Kecil sedang berusaha menyeimbangkan dirinya. Hihi bikin gemes ya parents

2. Kemampuan Bicara

Saat usia 6 bulan, bayi sudah dapat mengelurkan kata-kata sederhana yang mungkin belum dapat dipahami artinya. Ia mampu berceloteh dengan menggabungkan konsonan dan vokal seperti ‘ba’, ‘ah, atau ‘ma’. Nah, jika si Kecil sudah mulai menunjukkan perkembangan ini, terus berikan ia stimulasi ya dengan cara rutin mengajaknya bercerita atau membacakan dongeng. Bayi usia 6 bulan juga dapat menunjuk sesuatu yang diinginkan, menggeleng jika tidak setuju, atau melambai pada orang lain, meski belum dapat mengatakan apa yang dia maksud.

3. Kemampuan Sosial

Pada usia 6 bulan, Menangis tidak lagi menjadi satu-satunya cara bagi si kecil untuk mengekspresikan perasaannya dan mencari perhatian. Bayi sudah bisa berteriak, memukul-mukul, atau menjatuhkan benda. Jadi parents harus lebih peka dan sabar ya dalam menghadapi si kecil. Selain itu, bayi sudah dapat mengekpresikan perasaanya dengan tersenyum atau tertawa. dia juga jadi lebih terbuka dan merespons senyuman serta ajakan orang lain untuk bercanda. Dia dapat seketika akrab dengan orang yang menurutnya menarik.

4. Pola Makan

Pada usia 6 bulan, parents sudah dapat mengenalkan bayi pada makanan padat. Cobalah diawali dengan memberikan makanan yang halus dan lembut. Momen ini adalah saat yang tepat untuk memberikan buah dan sayuran secara bertahap untuk dikonsumsi. Jika bayi ibu tampaknya tidak menyukai makanan baru, tunggu beberapa hari dan kemudian coba lagi. Sebab Bayi adalah makhluk yang berubah-ubah dan seleranya dapat berubah setiap hari. Selain itu, amati respon si kecil saat menerima makanan baru untuk mengetahui apakah si kecil mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Perbanyak juga pengetahuan seputar MPASI ya parents.

5. Pola Tidur

Saat menginjak usia usia 6 bulan, bayi memerlukan tidur sebanyak 14 jam sehari. Umumnya durasi ini akan terbagi menjadi 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam. Ciptakanlah pola tidur yang teratur bagi si kecil agar ia tidak kesulitan untuk tidur di malam hari. Pada usia ini, bayi sudah dapat berguling tanpa bantuan apa pun. Sehingga parents perlu berhati-hati pada risiko bayi terjatuh dari kasur. Selain itu pastikan juga area tempat tidur bayi aman dari benda-benda berbahaya ya Nah itu dia parents. Perkembangang bayi usia 6 bulan yang perlu parents ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents. Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *