Parenting, Perawatan Bayi

Perhatikan Hal ini Sebelum Membedong Bayi ya Parents!

Hello Parents..

Membedong bayi merupakan salah satu cara untuk membuat bayi tetap hangat dan nyaman. Sehingga membedong juga dapat membuat bayi tidur jadi lebih nyenyak. Namun meskipun begitu, setiap orang tua perlu membekali dirinya dengan ilmu tentang cara membedong bayi dengan baik dan benar. Sebab, jika salah dalam membedong bayi tentu bukannya dapat memberikan manfaat, malah dapat membahayakan dan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Nah berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum membedong si kecil. Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas parents..

1. Hindari Membedong Terlalu Kencang

Saat akan membedong si kecil, parents perlu memperhatikan ikatan saat membedong. Hindari mengikat kain bedongan terlalu kiat atau kencang. Sebab hal tersebut dapat membatasi pergerakan bayi dan membuatnya sulit bergerak. Bahkan bedong yang terlalu kencang dikhawatirkan membuat bayi menjadi kesulitan bernafas sehingga berbahaya bagi kesehatannya. Pastikan saat membedong si kecil bayi masih mempunyai ruang sehingga ia dapat leluasa untuk bergerak.

2. Hindari Membedong Bayi Sepanjang Waktu

Bayi mungkin akan merasa nyaman saat dibedong. Namun, parents tak perlu membedong si kecil sepanjang waktu. Sebab, menurut sebuah penilitian  menunjukkan bahwa bayi yang selalu dibedong sepanjang waktu dapat mengurangi kemampuannya dalam melakukan suatu hal, karena saat dibedong bayi bergerak lebih sedikit. Bagaimanapun juga, bayi membutuhkan latihan serta perlu mengeksplorasi rasa keingintahuannya yang besar. Oleh sebab itu, satur jadwal yang tepat kapan harus membedong si kecil.

3. Perhatikan Permukaan Kain Bedong

Selain cara dan teknik membedong yang benar, parents juga perlu memperhatikan bahan dan jenis kain bedong yang digunakan. Sebaiknya pilihlah kain bedongan yang memiliki permukaan kain yang halus dan lembut agar bayi selalu merasa nyaman saat dibedong. Sebab kain bedong yang mempunyai permukaan kasar dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman karena merasa kepanasan.

4. Perhatikan Posisi Bayi

Nah pada saat parents akan membedong si kecil, posisikanlah bayi pada posisi yang tepat terlebih dahulu.  Bagian pinggul dan kakinya haruslah dalam posisi yang sejajar. Bahu bayi harus tepat berada di atas lipatan kain bedong, sementara kedua lengan bayi harus berada di bawah dan mengapit tubuhnya. Berilah sedikit ruang atau keonggaran agar ia masih dapat bergerak.

5. Perhatikan Batasan Usia

Saat bayi beranjak besar ada masanya parents harus berhenti membedong si kecil. Biasanya bayi yang sudah berusia 3 bulan atau sampai bayi sudah bisa berguling maka bayi tak perlu lagi dibedong. Namun, karena perkembangan bayi yang berbeda-beda maka parents dapat menyesuaikan dengan perkembangan si kecil serta berkonsultasi dengan dokter anak saat melakukan pemeriksaan rutin.

Nah itu dia parents, beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membedong si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *