Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga

Penyebab Ukuran Perut Ibu Hamil Berbeda, kok ada yang Besar ada yang Kecil?

Haloo bund..

Salah satu ciri fisik dari kehamilan adalah perut yang semakin membesar. Perut yang membesar dan membuncit ini identik banget dengan ibu hamil. maka tak jarang ibu hamil melakukan sesi foto maternity yang memamerkan ukuran perutnya yang membuncit. Namun ukuran perut ibu hamil antara satu dengan ibu hamil lainnya tidaklah sama. Pernahkah nggak sih bunda bertanya, kenapa ya ukuran perut ibu hamil itu berbeda-beda?

Biasanya perut ibu hamil mulai terlihat menonjol sekitar usia 12-16 minggu. Setelah itu, seiring bertambahnya usia kehamilan perut bunda akan semakin membesar dan membesar. namun, ukuran perut ibu hamil berbeda-beda antara satu dengan yang lain. ada yang perutnya terlihat lebih besar, sebaliknya ada juga yang terlihat lebih kecil. meski demikian ukuran perut yang kecil bukan berarti menandakan ada suatu masalah serius. sebab, perbedaan ukuran perut ibu hamil memang merupakan suatu hal yang wajar. lalu apa saja yang menyebabkan adanya perbedaan tersebut?

Yuk, kita bahas bun..

1. Postur Tubuh

Postur tubuh yang bunda miliki dapat memengaruhi bentuk atau ukuran perut saat hamil. Umumnya, ukuran perut akan tampak lebih besar jika postur tubuh bunda tidak terlalu tinggi. Sedangkan dari segi bentuk, perut akan lebih tampak melebar ke samping jika bunda memiliki postur tubuh yang pendek. Sebaliknya, perut akan lebih menonjol ke depan jika ibu hamil memiliki postur tubuh yang tinggi.

2. Berat Badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan juga dapat membuat perut bunda terlihat lebih besar. Namun bukan berarti perut yang besar ini menandakan bahwa janin yang ada di dalam kandungan juga berukuran besar.3

3. Waktu Kehamilan

Umumnya ukuran perut ibu hamil akan tampak lebih besar pada kehamilan yang kedua atau seterusnya. Ini dikarenakan otot-otot perut sudah meregang dan melemah hingga tidak dapat menahan pertumbuhan janin seperti sebelumnya.

4. Posisi Janin

Saat usia kehamilan sudah memasuki akhir trimester kedua maka biasanya janin akan lebih banyak bergerak. Terkadang janin juga bisa bergerak dengan beradu punggung dengan ibu hamil. Saat janin berada dalam posisi ini maka perut bunda akan terlihat tidak terlalu menonjol kedepan. Selain itu, Bentuk perut melebar bisa juga disebabkan oleh posisi bayi yang melintang.

5. Ukuran Janin

Perut yang terlihat kecil juga bisa disebabkan oleh ukuran janin yang ada di dalam kandungan tidak terlalu besar. ukuran ini juga bisa dipengaruhi dari genetik keluarga. Sebaliknya, jika perut ibu hamil berukuran besar, maka kemungkinan ukuran janin juga akan lebih besar.

6. Cairan Ketuban

Cairan ketuban juga bisa menjadi penyebab perbedaan ukuran perut. Perut ibu hamil bisa tampak lebih besar akibat terlalu banyaknya cairan ketuban. Sebaliknya, ukuran perut yang kecil bisa menjadi tanda kekurangan cairan ketuban. Jadi penting bagi bunda untuk memerikasakan kandungan ke dokter atau bidan secara rutin.

7, Jumlah Bayi dalam Kandungan

Hal ini tentu sudah jelas ya bun, ibu hamil yang mengandung bayi kembar tentu perutnya akan berukuran lebih besar daripada perut ibu hamil yang tidak mengandung bayi kembar.

Nah itu dia bun, beberapa penyebab yang membuat ukuran perut ibu hamil berbeda-beda. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *