Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Penyebab Janin Tidak Berkembang Secara Normal

Haloo Bund..

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan oleh ibu hamil adalah janin yang tidak dapat berkembang dengan baik dan normal. Kondisi ini tentu perlu bunda hindari, sebab dapat membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko janin tidak dapat berkembang dengan normal, baik itu faktor yang datang dari dalam maupun faktor dari luar seperti bakteri dan virus. Mudah-mudahan kondisi ini tidak terjadi pada bunda dan si kecil ya. Lalu, Kira-kira apa saja ya hal yang dapat menyebebkan janin tidak dapat berkembang secara normal.

Yuk, kita bahas bund..

1. Faktor Genetik

Faktor pertama yang dapat menyebabkan janin tidak dapat berkembang secara normal adalah faktor genetik. Kondisi ini terjadi apabila kuantitas dan kualitas dari sel sperma dan sel telur kurang baik yang merupakan cikal bakal terbentuknya janin. Itulah mengapa gaya hidup sehat perlu bunda terapkan tidak hanya saat sedang hamil, melainkan juga saat menjalani program hamil.

2. Infeksi

Selain faktor genetik, beberapa penyakit dan infeksi yang dialami ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko janin tidak dapat berkembang secara optimal. Infeksi dari virus maupun bakteri ini dapat memberikan efek buruk tidak hanya bagi bunda saja, melainkan bagi janin yang ada di dalam kandungan. Untuk itu, saat hamil bunda perlu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar ya untuk mengurangi resiko terpapar virus maupun bakteri. Serta perhatikan juga kebersihan dan kematangan dari makanan yang bunda konsumsi.

3. Masalah pada Plasenta

Plasenta merupakan organ penting bagi pertumbuhan janin. Sebab plasentalah yang berfungsi untuk mengantarkan makanan dan oksigen ke janin. Sehingga apabila terjadi kelainan atau masalah pada fungsi plasenta, maka janin pun tidak dapat berkembang dengan optimal. Oleh sebab itu, bunda disarankan untuk memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin ya, terutama di awal dan di akhir kehamilan.

4. Kebiasaan Buruk

Kesehatan janin juga bergantung pada gaya hidup dan kebiasaan yang bunda terapkan sehari-hari. Oleh sebab itu, gaya hidup seperti makan sembarangan, pola istirahat yang buruk serta beberapa kebiasaan seperti merokok atau minum minuman beralkohol wajib bunda hindari. Sebab kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko janin tidak dapat berkembang secara optimal.

5. Kurangnya Asupan Asam Folat

Kurangnya asupan asam folat khususnya di masa awal-awal kehamilan dapat menyebabkan janin tidak berkembang secara optimal. Oleh sebab itu bunda disarankan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan asam folat karena penting untuk perkembangan sistem saraf dan juga perkembangan otak janin. Asam folat bisa bunda dapatkan dari beberapa makanan, seperti bayam, brokoli, kubis, brokoli maupun kacang hijau. Jika dibutuhkan bunda juga dapat mengonsumsi vitamin atau suplemen yang tentunya atas resep dari dokter.

Nah itu dia bun, beberapa penyebab janin tidak dapat berkembang secara baik dan optimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund. Sekian

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *