Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Penyebab Berat Janin Tidak Sesuai dengan Usia Kehamilan

Haloo Bund!

Ukuran janin merupakan salah satu indikator perkembangannya yang normal. Idealnya berat janin akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Pada saat bunda melakukan pemeriksaaan kehamilan, ukuran janin ini termasuk salah satu hal yang akan diperiksa. Sebab beratnya yang tidak sesuai dengan usia kehamilan atau memiliki berat yang rendah dapat meningkatkan sejumlah risiko kesehatan yang bisa memberikan sejumlah dampak buruk. Oleh sebab itu, bunda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab Berat Janin Tidak Sesuai dengan Usia Kehamilan.

Kira-kira apa saja ya?

Yuk, kita bahas bund..

1. Tidak Mendapat Gizi yang Cukup

Ibu hamil yang kekurangan gizi dan sejumlah nutrisi penting selama kehamilan sangat beresiko membuat berat janin jauh dibawah berat yang ideal. Sebab asupan nutrisi ini sangat penting dalam menunjang tumbuh kembangnya di dalam kandungan. Itulah mengapa bunda perlu berusaha untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama kehamilan. Pastikan bunda makan dengan cukup untuk membantu pemenuhan nutrisi bagi janin.

2. Gaya Hidup

Ibu hamil yang memiliki gaya hidup yang buruk selama kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab berat janin jauh dibawah berat ideal sesuai dengan usia kehamilan. Sejumlah gaya hidup yang buruk seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, sering menunda-nunda waktu makan, serta mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan merupakan hal yang wajib bunda hindari selama kehamilan.

3. Gangguan pada Plasenta

Plasenta merupakan suatu organ yang sangat penting fungsinya bagi tumbuh kembang janin .  Plasentalah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi dari aliran darah ke janin. Sehingga jika terdapat masalah atau gangguan pada fungsi plasenta tentu akan mempengaruhi penyaluran oksigen dan nutrisi tersebut. Jika janin tidak mendapat nutrisi dan oksigen yang cukup, maka dapat membuat pertumbuhannya menjadi terhambat sehingga beratnya jauh dibawah berat ideal sesuai usai kehamilan.

4. Mengalami Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi ini sangat rentan dialami oleh ibu hamil selama kehamilan. Anemia yang tidak tertangani dengan baik berpotensi menghambat asupan oksigen dan nutrisi yang diterima janin. Sehingga membuat janin tidak bisa tumbuh dengan optimal. Oleh sebab itu, bunda perlu mengantisipasi hal ini dengan cara mencukupi kebutuhan zat besi yang bisa didapat dari sejumlah makanan dan suplemen yang diresepkan oleh dokter.

5. Infeksi

Beberapa infeksi yang terjadi selama kehamilan dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri maupun virus yang bisa ditularkan dari makanan atau kontak dengan orang atau lingkungan yang terinfeksi. Itulah mengapa bunda perlu memperhatikan kebersihan diri, lingkungan, dan memperhatikan kebersihan dan kematangan dari setiap makanan yang bunda konsumsi. Jika terjadi infeksi selama kehamilan, maka bunda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Nah itu dia bund, beberapa hal yang bisa menyebabkan berat janin rendah dan tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya bund.

Artikel ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *