Kehamilan, Kesehatan, Persiapan Melahirkan, Trimester Ketiga

Pekerjaan Rumah Tangga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Tua

Haloo Bund..

Trying to cope with daily chores during pregnancy

Saat kehamilan semakin membesar, khususnya di trimester ketiga, tentu membuat bunda tidak bisa melakukan berbagai kegiatan sebebas seperti sebelumnya. Hal ini dikarenakan perut yang semakin membesar serta beberapa perubahan tubuh dan hormon. Salah satu kegiatan yang perlu diperhatikan adalah saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Tentunya aktivitas ini sering banget ya kita lakukan bund, namun saat hamil tua atau memasuki trimester ketiga sebaiknya bunda tidak melakukan pekerjaan rumah tangga berikut. Kira-kira apa saja ya pekerjaan rumah tangga yang dilarang untuk ibu hamil tua?

Yuk, kita bahas bund..

1. Mengangkat Barang Berat

Saat hamil terlebih saat kehamilan sudah semakin besar, bunda sangat tidak dianjurkan melakukan pekerjaan yang mengharuskan mengangkat atau memindahkan benda-benda yang berat. Sebab kegiatan tersebut membuat bunda lebih berisiko mengalami cedera atau nyeri otot. Salah satu masalah yang sering terjadi di akhir kehamilan adalah nyeri pada punggung, apalagi jika ditambah menangkat beban berat, tentu dapat memperparah kondisi itu. Jadi, ada baiknya bunda meminta bantuan suami atau orang lain untuk memindahkan barang-barang seperti mengangkat keranjang pakaian kotor yang akan dicuci hehe

2. Menyemprot Obat Nyamuk

Salah satu pekerjaan rumah tangga lainnya yang perlu bunda hindari adalah menyemprot obat nyamuk. Jika terpaksa harus melakukannya mintalah bantuan pasangan atau keluarga terdekat. Selain itu, hindari sementara ruangan yang sedang disemprot. Sebab semprotan serangga tersebut mengandung zat kimia yang tidak baik jika terhirup oleh bunda dan terbawa sampai ke janin.

3. Mengepel dengan Berjongkok

Pekerjaan mengepel dengan berjongkok ini sebaiknya juga dihindari oleh ibu hamil di trimester ketiga. Sebab kegiatan ini berpotensi menimulkan ketidaknyamanan pada punggung. Hal ini dikarenakan saat bunda mengepel dengan berjongkok membuat bunda menghabiskan waktu terlalu lama untuk mencondongkan badan, kondisi ini dapat menambah tekanan pada saraf tulang belakang dan menimbulkan rasa sakit. Jadi jika harus mengepel gunakan pel yang bertongkat dan sebaiknya gunakan sendal anti slip agar tidak terpeleset.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Melihat kamar mandi yang kotor tentu membuat tidak nyaman ya, namun saat bunda sedang hamil apalagi sudah hamil tua sebaiknya kegiatan ini jangan bunda lakukan sendiri. Sebab membersihkan kamar mandi memiliki berbagai resiko, diantaranya harus membuat bunda mencondongkan badan terlalu lama serta berisiko menghirup zat kimia dari cairan pembersih. Selain itu, aktivitas ini juga rawan membuat bunda terpeleset. Jadi mintalah tolong pada suami atau orang lain untuk membersihkannya.

Nah itu dia bun, beberapa pekerjaan rumah tangga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil khususnya ibu hamil tua. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund. Sekian.

*Informasi ini telah direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *