Pasca Melahirkan, Perawatan Bayi

Pantangan dalam Merawat Bayi yang Perlu Dihindari

Hello Parents!

Freepik.com

Menjaga dan merawat bayi merupakan salah satu tugas dari orang tua. Tentu hal ini bukanlah suatu perkara yang mudah. Dibutuhkan ilmu, kesabaran, dan pengorbanan dalam melakukannya. Namun ada sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan saat merawat bayi, khususnya di awal-awal kelahirannya. Sebab hal tersebut bisa memberikan dampak buruk dan bahkan membahayakan keselamatannya.

Kira-kira apa saja ya pantangan dalam merawat bayi yang perlu parents hindari?

1. Lupa Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Bayi

Saat merawat bayi tentu kita akan sering menyentuh dan menggendongnya. Namun perlu parents sadari jika sistem kekebalan tubuh bayi belumlah sebaik orang dewasa, sehingga kita perlu melindunginya dari ancaman infeksi dari bakteri atau virus yang bisa membahayakannya. Salah satu caranya adalah dengan selalu mencuci tangan setiap ingin menyentuh si kecil. Jadi, pastikan parents tidak lupa mencuci tangan setiap ingin menyentuhnya ya.

2. Jangan Mengabaikannya

Bayi belumlah bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan dengan baik. Sehingga setiap bayi ingin berkomunikasi atau menyampaikan keinginannya, maka ia akan menangis. Oleh sebab itu, saat merawat bayi hindari mengabaikannya dan membiarkan ia menangis dalam waktu yang terlalu lama. Sebab hal tersebut tak baik untuk tumbuh kembangnya, baik secara fisik maupun secara mental.

3. Jangan Mengguncang Tubuhnya

Saat bersama bayi, tentu rasanya kita ingin mengajak si kecil bermain dan bercanda. Namun hindari permainan atau gurauan yang bisa mengguncang tubuh si kecil. Sebab guncangan yang terlalu keras bisa menyebabkan shaken baby syndrome yang bisa berbahaya bagi kesehatannya. Selain itu, hindari mengayun-ayun si kecil terlalu keras pada saat menggendongnya.

4. Memberikan Makanan Selain ASI sebelum Usia 6 Bulan

Bayi yang masih berusia 6 bulan kebawah sebaiknya tidak diberikan makanan lain selain ASI atau susu formula. Sebab, sistem pencernaannya masih dalam tahap perkembangan. Selain itu, risiko bayi tersedak juga bisa terjadi yang tentu bisa membahayakan keselamatannya. Oleh sebab itu, hindari memberikan makanan atau bahkan minuman seperti air putih sebelum bayi berusia 6 bulan.

5. Jangan Membiarkan Bayi Sendirian

Salah satu pantangan lain yang perlu parents ingat saat merawat bayi adalah jangan membiarkan bayi sendirian. Selain dapat membuatnya merasa cemas, meninggalkan bayi sendirian tanpa adanya penjagaan sangat beresiko menimbulkan sesuatu yang bisa membahayakannya. Jadi, jika ingin meninggalkan si kecil untuk beberapa waktu karena suatu urusan, mintalah bantuan dari keluarga terdekat atau pengasuh untuk menjaga dan mengawasinya terutama saat sedang bermain.

Nah itu dia parents, beberapa pantangan saat merawat bayi yang perlu dihindari.

Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *