Parenting, Tips Parenting

Orang Tua Harus Peka, Ini Tandanya Jika Bayi Kelelahan

Hello Parents..

Kelelahan adalah hal yang bisa dialami oleh setiap orang, begitu halnya dengan bayi. Biasanya kondisi ini terjadi pada bayi karena bayi mengalami overstimulasi atau terlalu banyak menerima stimulasi, seperti terlalu banyak bertemu orang, mendengar suara bising atau keras, dan cahaya terang.  Hal ini tentu dapat membuat bayi menjadi lebih rewel dan sulit untuk tidur. Karena bayi belum dapat mengutarakan apa yang dirasakannya, oleh sebab itu orang tua perlu lebih peka akan tanda-tanda bayi yang mengalami kelelahan. Lalu kira-kira apa saja ya tanda bayi mengalami kelelahan yang bisa kita amati.

Yuk, kita bahas parents..

1. Suka Memalingkan Pandangan

Saat tubuhnya terasa segar tentu bayi akan sangat antusias saat kita menatap matanya atau saat dia sedang diajak bermain. Namun bayi yang kelelahan akan terlihat kurang semangat saat diajak berbicara atau bermain dan cenderung memalingkan pandangannya dari kita. Jika hal ini ditunjukkan oleh si kecil, maka Jangan paksa ia untuk terus diajak berinteraksi ya parents. Berilah ruang untuk ia bersitarahat sejenak dan menenangkan dirinya. Jika ia berada di tengah keramaian maka jauhkan sementara suasana itu darinya dan gendonglah ia sampai ia menjadi tenang.

2. Perhatikan Gerakannya

Selain memalingkan wajahnya, biasanya bayi yang kelelahan dapat diketahui dari gerakan gerakan khas yang ia lakukan. Diantara gerakan khas bayi yang kelelahan diantaranya menarik kuping, mengucek mata, hingga rewel seperti siap bertanding tinju dengan mengepalkan kedua tangannya ke berbagai arah hihi. Selain itu bayi yang mulai mengulet atau menggerakkan punggungnya ke samping dan ke atas dan terlihat sulit untuk tidur juga dapat menjadi tanda bayi sedang lelah. Jika si kecil mengalami ini, bunda dapat menidurkan bayi di tempat yang nyaman sambil menyusui dan mengelus punggungnya agar ia lebih rileks dan bisa tertidur.

3. Rewel dan Mudah Menangis

Sedikit berbeda dengan tangisan saat bayi lapar, tangisan kelelahan diawali dengan tanda-tanda rewel dan suara seperti menggeram. Tangisannya juga dimulai dengan suara rendah, lalu perlahan-lahan meningkat sampai akhirnya meraung-raung. Jika si kecil mengalami ini, tandanya si kecil mengalami kelelahan, untuk mengatasinya parents bisa menepuk-nepuk atau membelai si kecil secara perlahan. Parents juga dapat menggendongnya sambil bernyanyi agar ia menjadi lebih tenang.

4. Sering Memejamkan Mata

Stimulasi memang hal yang baik untuk bayi, namun jika diberikan secara berlebihan, maka dapat menyebabkan bayi kelelahan. Salah satu tandanya, bayi sedikit-sedikit memejamkan matanya namun kesulitan untuk tidur. Jika melihat kondisi ini, sebaiknya hentikan terlebih dahulu mengajak si kecil bermain. Peluk dan bawalah ia ke tempat yang tenang dan nyaman untuk beristirahat.

Nah itu dia parents, beberapa tanda bayi yang mengalami kelelahan yang dapat kita perhatikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *