Kehamilan, Persiapan Melahirkan, Trimester Ketiga

Olahraga Ibu Hamil yang Dapat Melancarkan Persalinan, Yuk Lakukan!

Haloo Bund..

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang baik dan dianjurkan bagi ibu hamil. Terlebih ibu hamil yang berniat untuk melahirkan secara normal. Sebab persalinan normal memang membutuhkan kekuatan fisik dan stamina yang prima. Oleh sebab itu, untuk mencapai hal tersebut ibu hamil dianjurkan untuk rutin berolahraga. Tentunya olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang ringan dan aman untuk bunda lakukan. Kira-kira apa saja ya jenis olahraga yang dapat membantu ibu hamil dalam melancarkan persalinan nanti?

Yuk, kita bahas bund..

1. Squat

Squat merupakan olahraga sederhana yang terdiri dari gerakan jongkok kemudian berdiri. Jenis olahraga ini dapat membantu janin untuk turun ke jalan lahir. Selain itu, squat juga bisa menguatkan paha dan otot-otot yang diperlukan saat melahirkan nanti. Sehingga olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal.

2. Jalan Kaki

Olahraga satu ini sudah sangat terkenal dan direkomendasikan oleh berbagai generasi untuk membantu melancarkan ibu hamil yang akan melahirkan. Sebab, olahraga yang satu ini selain mudah dan aman dilakukan juga dapat mendorong terjadinya kontraksi secara alami. Selain itu gerakan konstan yang bunda lakukan saat berjalan kaki mampu  membantu bayi turun ke panggul dan berada dalam posisi ideal untuk persalinan.

3. Posisi Kupu-kupu

Posisi kupu-kupu atau butterfly pose merupakan gerakan olahraga sederhana yang dapat membantu sendi panggul menjadi lebih fleksibel. Untuk melakukannya, ambil posisi duduk di dekat dinding dan sandarkan punggung serta tekuk lutut ke samping hingga telapak kaki saling bertemu. Kemudian tekan lutut ke bawah secara perlahan untuk meregangkan otot paha. Gerakan ini tentu mudah dan bisa bunda lakukan di rumah.

4. Senam Hamil

Senam hamil merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Di tengah pandemi saat ini bunda bahkan bisa melakukan senam hamil di rumah. Bunda tinggal melihat contoh videonya yang saat ini mudah ditemukan di youtube.  Bunda dapat mengikuti gerakan-gerakan tersebut dan mencoba dengan hal-hal kecil seperti gerakan duduk, gerakan pemasanan, dan gerakan pendinginan.

5. Berenang

Olahraga satu ini ternyata juga baik dilakukan oleh ibu hamil jika dilakukan dengan benar. Berenang saat hamil membuat bunda lebih aktif bergerak. Hal ini dapat membuat otot dan sendi di tubuh menjadi lebih kuat. Tapi perhatikan keseimbangan saat memasuki air agar tidak terpeleset. Hindari melakukan gerakan, seperti melompat dan menyelam, karena keduanya dapat membahayakan janin.

Nah itu dia bun, beberapa olahraga yang dapat membantu ibu hamil dalam melancarkan persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat ya bund. Sekian.

*Informasi ini telah ditinjau dan direview oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *