Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Momen yang Membuat Janin di Dalam Kandungan Merasa Bahagia

Haloo bund..

Salah satu kebahagiaan terbesar ibu hamil adalah saat mengetahui janin yang ada di dalam kandungannya tumbuh sehat dan normal. Ternyata menjaga perasaan tetap bahagia cukup penting selama kehamilan. Sebuah Penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa bayi dalam kandungan bisa merasakan kondisi psikologis bundanya, dan karena inilah ia juga bisa merasakan perasaan bunda ketika sedih atau bahagia.

Ternyata ada momen-momen tertentu selama kehamilan yang dapat membuat janin di dalam kandungan merasa bahagia. Kira-kira apa saja ya momen yang tersebut?

Yuk, kita bahas bun..

1.  Makan makanan manis Secukupnya

Janin mulai bisa membedakan berbagai rasa makanan saat minggu ke 13-15 kehamilan. Air ketuban akan memberikan rasa makanan yang bunda makan dan janin juga bisa merasakan dan menyerapnya ke dalam tubuh. Namun, makan makanan manisnya jangan sampai berlebihan ya bun. Sebab jika bunda mengonsumsinya terlalu berlebihan malah dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan selama kehamilan.

2. Mandi Air hangat

Mandi air hangat saat hamil adalah salah satu cara yang bisa Bumil lakukan untuk membuat tubuh lebih rileks sekaligus meredakan nyeri otot. Saat bunda rileks dan kadar stress menurun maka janin pun ikut merasa tenang. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aktivitas ini tidak menimbulkan bahaya bagi bunda dan si kecil ya. seperti, mengatur suhunya agar tidak terlalu panas, jangan berendam terlalu lama, dan perhatikan kondisi di sekitar kamar mandi.

3.  Mengelus perut

Reseptor sentuh akan bisa dirasakan janin memasuki minggu ke-8 kehamilan. Dan janin juga akan merasa nyaman ketika ada sentuhan di perut. Mengelus perut juga bisa dilakukan oleh sang ayah untuk memberikan kenyamanan pada bunda dan si kecil sambil bercengkrama hangat atau menikmati sore hari.

4. Mendengarkan Suara atau Musik yang Menenangkan

Di minggu ke 25-26, janin sudah mulai bisa mendengarkan suara dari luar. Ini adalah momen yang tepat mengenalkan janin pada berbagai suara yang menenangkan untuk mendukung perkembangan otaknya yang cerdas. Bunda bisa mendengarkan musik klasik yang menenangkan pada video dunia bunda sebelumnya.

5. Suara Tawa Bunda

Janin juga merasa ikut bahagia ketika bunda tertawa. Ia akan ikut melompat naik turun ketika bunda tertawa. Hal ini terjadi karena adanya pergerakan otot di perut. Hormon kebahagiaan juga mengalir melalui hormon.sehingga ia ikut merasakan bahagia. Namun hindari tertawa yang terlalu keras dan terbahak-bahak ya bun

6. Rajin Berolahraga dan Cukup Istirahat

Janin juga merasa bahagia jika bunda rajin olahraga dan istirahat cukup karena itu penting untuk kesehatan bunda. Saat bunda rajin berolahraha maka akan memperlancar oksigen yang mengalir kedalam tubuh, sehingga aliran oksigen yang diterima janin pun akan baik. Selain itu, beristirhat yang cukup juga bisa menghindarkan bunda dari rasa stress dan depresi selama kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa momen yang membuat janin di dalam kandungan merasa bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *