Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Mesti Waspada, Inilah Penyebab Kehamilan Beresiko Tinggi

Haloo bund..

Semua ibu hamil di dunia tentu menginginkan menjalani kehamilan yang sehat dan lancar, tidak ada satupun yang berharap mengalami kehamilan yang beresiko tinggi. namun terkadang hal tersebut tidak bisa dihindari karena satu dan lain hal. jika bunda mengalami kehamilan beresiko tinggi, maka bunda dan juga si kecil mungkin akan membutuhkan pemantauan khusus dan harus lebih berhati-hati selama kehamilan. lalu apa saja ya yang menyebabkan kehamilan menjadi beresiko tinggi?

Yuk, kita bahas bund..

1. Usia

Usia ibu hamil saat menjalani kehamilan dapat mempengaruhi resiko yang mungkin akan didapatkan. Hamil di bawah 17 tahun atau hamil di atas usia 35 tahun tergolong kedalam kehamilan berisiko tinggi. jadi, apabila bunda termasuk kedalam kategori ini, maka bunda harus lebih waspada dan lakukan pemantauan khusus selama kehamilan.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang, juga bisa menjadi faktor risiko kehamilan berisiko tinggi. jadi, untuk kebaikan bunda maupun si kecil hindari hal-hal tersebut sebelum atau saat sedang menjalani kehamilan ya bun.

3. Kondisi Kesehatan Bumil

Kondisi kesehatan seperti, tekanan darah tinggi, Diabetes, Wanita dengan PCOS, penyakit auto imun, penyakit tiroid, obesitas, HIV/AIDS dapat menyebabkan kehamilan menjadi beresiko tinggi. maka, ada baiknya bunda menjaga kesehatan bahkan sebelum kehamilan. Jika bunda mengalami salah satu dari penyakit tersebut, konsultasikan ke dokter agar bunda lebih waspada dan sigap untuk menjaga si kecil dalam kandungan.

4. Kondisi Kehamilan

Kondisi kehamilan seperti mengandung anak kembar, diabetes gestasional, preeklampsia, riwayat kelahiran prematur bisa meningkatkan resiko selama kehamilan. Jadi bunda harus lebih waspada dan berhati-hati selama kehamilan. Tetap tenang dan konsultasikan ke dokter terkait langkah-langkah meminimalisir resiko-resiko yang mungkin akan muncul.

Nah itu dia bun, beberapa faktor yang dapat menyebabkan kehamilan beresiko tinggi. Semoga bunda semua diberikan kesehatan dan kelancaran ya selama menjalani proses kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian

Informasi ini direview dan ditinjau oleh dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *