Parenting, Perawatan Bayi, Tips Parenting

Manfaat Menyusui Bayi Tiap Malam

Hello Parents..

Salah satu tugas bunda setelah bayi lahir ke dunia adalah memberikannya ASI, namun jika bunda mengalami kendala terkait ASI, bunda dapat memberikan susu formula. Nah ASI sendiri memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk tumbuh kembangnya. Sehingga ada baiknya bunda memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Nah dalam perjalanannya tentu bukanlah hal yang mudah, sebab akan ada banyak pengorbanan yang akan bunda lakukan. Salah satunya adalah kurangnya waktu tidur di malam hari. Meski sangat melelahkan, ternyata ada alasan penting mengapa bayi perlu disusui tiap malam. Kira-kira apa saja ya manfaat menyusui bayi tiap malam?

Yuk, kita bahas parents..

1. Penting Untuk Pertumbuhannya

Biasanya bayi akan mengalami fase perlonjakan pertumbuhan atau yang dikenal dengan istilah growth spurt. Kondisinya umum terjadi beberapa kali pada usia 2 minggu, 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Nah jika bayi mengalami fase ini, bayi dapat menyusu setiap 30-60 menit dengan durasi yang juga lebih lama. Hal ini merupakan hal normal dan baik bagi pertumbuhannya. Terlebih jika bayi terlahir dengan berat badan yang rendah, parents perlu sering menyusui bayi untuk menaikkan berat badannya agar ideal. Bunda dianjurkan untuk menyusui bayi tiap 2 jam sekali, bahkan tidak masalah jika Bunda harus membangunkannya dari tidur untuk menyusu.

2. ASI di Malam Hari Mengandung Lebih Banyak Triptofan

ASI di malam hari mengandung lebih banyak asam amino esensial bernama triptofan yang dibutuhkan bayi untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Selain itu, triptofan bertugas membantu produksi hormon serotonin di dalam tubuh bayi yang dapat memberikan dampak positiff pada kualitas tidur bayi dan mood-nya menjadi lebih baik.

3. Bisa Membantu Menenangkan Bayi

Menyusui bayi di malam hari dapat membuat bayi menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga tak heran, bayi seringkali tertidur saat sedang disusui di malam hari. Nah hal ini sebenarnya dapat menjadi salah satu solusi apabila bayi mengalami kesulitan tidur. Namun meskipun begitu, saat si kecil sudah semakin besar, bunda dapat secara perlahan mengatur pola tidur si kecil agar ia tidak terlalu bergantung pada ASI untuk tertidur. Selain itu, tak selamanya bayi tertidur di malam hari karena merasa lapar, bisa jadi karena bermimpi buruk atau popoknya yang basah. Tetap tenang dan himpun kesabaran apabila ia terbangun di malam hari ya parents.

Nah itu dia parents, beberapa manfaat bayi menyusui di tengah malam. Jadi nikmati saja ya parents, terbangun di tengah malamnya karena harus menyusui si kecil, nikmati setiap prosesnya karena hal ini hanya berlangsung untuk sementara. Ada kalanya parents akan merindukan masa-masa ini saat si kecil sudah beranjak dewasa. Nah itu dia parents, beberapa manfaat menyusui bayi di tengah malam. Semoga informasi ini bermanfaat parents. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *