Parenting, Tips Parenting

Manfaat Mengenalkan Buku pada Bayi Sejak Dini

Kebiasaan membaca buku merupakan kebiasaan baik yang bisa memberikan berbagai manfaat pada kita. Dengan membaca buku banyak pengetahuan yang bisa didapatkan. Walaupun bayi belum mengerti saat dibacakan buku atau belum dapat membaca, namun parents dapat mengenalkan buku ini pada bayi sejak dini. Sebab, dengan gemar membaca buku ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan oleh bayi kita. Kira-kira apa saja ya manfaat mengenalkan buku pada bayi bagi tumbuh kembangya?

Yuk, kita bahas parents..

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Saat parents mengenalkan buku pada bayi dengan cara membacakannya, maka bayi dapat merekam kata-kata yang parents ucapkan saat membacakan buku untuknya.  Oleh sebab itu, mengenalkan buku pada bayi bisa membantunya mengenal dan memperkaya kosa kata sejak ia kecil. Bahkan, mengenalkan dan membacakan buku kepada bayi bisa membantu mengembangkan kemampuan komunikasi seiring bertambahnya si kecil.

2. Meningkatkan Imajinasi dan Kreatifitas

Mengenalkan dan membacakan buku sejak dini dapat meningkatkan imajinasi bayi. Sebab saat parents mengenalkan bayi dengan buku, bayi mulai mengenal kosa kata baru, huruf, angka, maupun gambar. Mengenalkan buku juga memberikan bayi informasi tentang benda-benda di sekitar mereka. Hal ini dapat membantu si kecil tumbuh menjadi kreatif saat ia tumbuh besar nanti.

3. Lebih Dekat dengan Parents

Saat parents mengenalkan buku dengan cara menceritakannya isi buku tersebut, maka parents sesungguhnya sedang membangun ikatan pada si kecil. Namun mengenalkan buku tidak hanya membacakan isi  buku tersebut, tapi parents juga dapat mengajak bermain si kecil dengan  buku. Momen tersebut dapat terekam sebagai kenangan indah bagi bayi, bahkan memperkuat ikatan emosional antara parents dengan si kecil.

4. Lebih Dekat dengan Buku

Saat bayi berusia di bawah satu tahun, mereka membutuhkan lebih banyak mainan untuk dieksplorasi. Maka tak ada salahnya mengenalkan buku sebagai mainan edukasi si Kecil. Saat bayi berusia 4-6 bulan, mereka cenderung menggunakan buku untuk dimakan, dipegang, maupun digigit. Oleh sebab itu, pilihlah buku berwarna cerah dan terbuat dari bahan kain yang aman. Sedangkan saat bayi berusia 6-12 bulan, mereka mulai menyukai gambar pada buku dan mulai merespon parents sedang membacakan buku. Sehingga bayi menjadi lebih dekat dan menyukai buku saat ia besar nanti.

Nah itu dia parents, beberapa manfaat mengenalkan buku pada bayi sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya parents.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *