Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Pertama

Manfaat Makan Cokelat dan Batas Amannya Bagi Ibu Hamil

Haloo Bund..

Cokelat merupakan makanan favorit dan banyak disukuai oleh ibu hamil. Selain rasanya yang manis, cokelat diyakini dapat membuat fikiran dan mood menjadi lebih baik. Cokelat memang diketahui mengandung antioksidan dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, bukan hanya bagi ibu hamil melainkan juga bagi janin yang ada di dalam kandungan. Meskipun begitu, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi cokelat secara berlebihan. kira-kira apa saja ya manfaat cokelat bagi ibu hamil dan berapakah batas aman mengosumsi cokelat saat hamil?

Yuk, kita bahas bund..

1. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Mengonsumsi cokelat pada trimester pertama kehamilan selain dapat mengurangi rasa mual, juga dapat menurunkan risiko preeklampsia. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi cokelat 1-3 takaran saji per minggu selama trimester pertama memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk terkena preeklampsia.

2. Mencegah Hipertensi

Selain dapat mengurangi risiko preeklampsia,  mengonsumsi cokelat yang cukup saat hamil juga bisa mencegah hipertensi. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat jenis dark chocolate mampu mengontrol tekanan darah, meskipun efeknya tidak terlalu kuat.

3. Mempercepat Perkembangan Janin

Dalam sebuah Penelitian lain, Mengonsumsi cokelat yang cukup yaitu sekitar 30 gram cokelat per hari selama kehamilan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, serta menjaga kesehatan plasenta yang merupakan organ penting bagi pertumbuhan janin

4. Memperbaiki Mood

Saat hamil, mood atau suasana hati cenderung naik dan turun. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil. Nah mengonsumsi cokelat merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat mood menjadi lebih baik.

5. Mencegah kontraksi dini

Cokelat merupakan sumber magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya kontraksi dini. Sedangkan zat besi diperlukan untuk membentuk hemoglobin, yang berfungsi untuk mengikat oksigen di dalam darah dan mengedarkannnya ke seluruh tubuh, termasuk ke janin.

Batasan Ibu Hamil Mengonsumsi Cokelat

Meski cokelat memiliki banyak manfaat, bunda sangat tidak disarankan mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Idealnya, ibu hamil hanya diperbolehkan mengonsumsi cokelat dalam porsi kecil, yaitu 30 gram sehari atau setara dengan beberapa gigitan saja. Jika bunda memiliki gangguan kehamilan seperti diabetes gestasional, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi cokelat.

Nah itu dia bun, beberapa manfaat dan batas aman mengonsumsi cokelat bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *