Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama

Manfaat Buah Semangka yang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Haloo Bund..

Mengonsumsi makanan bergizi memang salah satu hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar bunda dapat menjalani kehamilan yang sehat. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi bisa bunda dapatkan dari buah-buahan. Buah Semangka merupakan salah satu jenin buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilan. Selain rasanya yang manis dan segar, semangka ternyata mempunyai ragam manfaat bagi ibu hamil maupun janin.

Siapa diantara bunda yang menyukai buah semangka? Nah kabar gembira buat bunda yang gemar mengonsumsi semangka. Sebab ada beberapa manfaat buah semangka yang sangat baik bagi tubuh bunda maupun bagi janin yang ada di dalam kandungan. Kira-kira apa saja ya manfaat buah semangka bagi ibu hamil dan janin?

Yuk, kita bahas bun..

1. Meredakan Morning Sickness

Kandungan air di dalam sebuah semangka bisa mencapai 92 persen dan gula alami di dalamnya bisa membantu mengurangi mual dan muntah. Jadi buah semangka cocok banget nih dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama untuk mengatasi morning sickness.

2.  Mengurangi Risiko Preeklamsia

Semangka kaya akan likopen, antioksidan yang membuat warna buah menjadi merah. Likopen digunakan oleh tubuh untuk membentuk beta-karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A. Pada ibu hamil, antioksidan seperti likopen dapat mengurangi risiko terjadinya preeklamsia dan kecilnya ukuran tubuh bayi saat lahir. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

3. Mencegah pigmentasi kulit

Pigmentasi sering terjadi selama kehamilan, yang disebabkan kadar hormon yang terlalu tinggi. Semangka dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun. Buah yang satu ini dapat membantu untuk meningkatkan warna kulit dan mencegah pigmentasi kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

4. Mencegah Dehidrasi

Semangka yang mengandung kadar air yang tinggi juga dapat membuat ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat menimbulkan berbagai efek bagi kehamilan. Sehingga dengan mengonsumsi semangka dapat membuat tubuh bunda terhidrasi dengan baik. Tentunya harus dilengkapi dengan minum air putih yang cukup juga ya bun.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Nutrisi yang terdapat pada semangka juga memiliki peranan penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

Nah itu dia bun, beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil maupun janin. Namun ingat, konsumsi buah semangka sewajarnya dan jangan sampai berlebihan ya bun. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *