Kehamilan, Perkembangan & Gerakan Janin

Makna Dibalik Setiap Gerakan Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Dapat membersamai perkembangan janin dari waktu ke waktu merupakan salah satu anugerah terbesar dalam kehidupan seorang bunda. Salah satu dari sekian banyak yang dinantikan oleh ibu hamil adalah gerakan atau tendangan janin. Gerakan ini sangat penting dan dapat memberikan tanda-tanda tentang apa yang sedang terjadi di dalam kandungan. Lalu apa saja ya makna dan arti dibalik gerakan yang dilakukan oleh janin didalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Ketukan Ringan

Pada awal bunda dapat merasakan gerakan janin, mungkin gerakannya hanya akan berasa seperti sentuhan kecil pada dinding perut. Pada tahap ini janin masih berukuran kecil, sehingga gerakannya masih terasa lemah dan mungkin masih berupa ketukan-ketukan ringan. Selain karena janin masih kecil, hal ini juga disebabkan tebalnya lapisan dinding perut  yang terdiri dari plasenta, dinding uterus, serta lapisan otot dan lemak perut. Ketukan Ringan ini mengisyaratkan bahwa bayi di dalam kandungan terus mengalami pertumbuhan.

2. Tendangan

Ketika janin bertumbuh dan semakin besar, maka ketukan ringan sebelumnya akan berubah menjadi tendangan. Perlu diingat bahwa Rahim hanya mampu meregang hingga batasan tertentu, sehingga akan ada titik dimana si kecil akan merasa sempit. untuk membuatnya lebih nyaman, biasanya janin akan meregangkan kakinya, sehingga bunda akan merasakan beberapa tendangan kecil dari dalam perut. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi bentuk komunikasi dari si kecil.

3. Meninju

Janin biasanya lebih banyak bergerak pada malam hari. Hal ini dikarenakan pada siang hari bunda cenderung lebih banyak bergerak. Gerakan yang bunda lakukan tersebut dapat dirasakan janin layaknya gerakan menimang, sehingga membuat si kecil banyak tertidur pada siang hari. Saat bayi terjaga pada malam hari, biasanya ia akan melakukan beberapa gerakan seperti meninju untuk meregangkan tangannya. namun bunda jangan cemas, sebab tinjuan itu tidak sakit dan merupakan bentuk kasih sayang janin ke bunda, mungkin ia sedang kesulitan untuk tidur bun hihi

4. Menggeliat

janin yang menggeliat dapat diartikan bahwa ia sedang mencari posisi yang nyaman. Seiring bertambahnya usia kehamilan, ruang gerak janin akan semakin terbatas, sehingga terkadang ia akan melakukan berbagai gerakan seperti menggeliat untuk menemukan posisi yang membuatnya nyaman.

5. Getaran

Gerakan ini mungkin sedikit unik dibandingkan gerakan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa janin dapat merespon terhadap apa yang terjadi di lingkungannya. janin juga dapat bereaksi terhadap suhu, sehingga salah satu untuk memancing gerakan janin adalah minum minuman dingin atau meletakkan kain basah yang dingin di atas perut. hal ini dapat memancing bayi karena perubahan suhu yang terjadi.

Nah itu dia bun, beberapa makna dibalik berbagai gerakan yang dilakukan oleh janin di dalam kandungan. kalau bunda sudah merasakan gerakan yang mana? share cerintanya di kolom komentar ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sekian.

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *