Kehamilan, Trimester Kedua, Trimester Ketiga, Trimester Pertama, Uncategorized

Makanan yang Tidak Disukai Janin di Dalam Kandungan

Haloo Bund..

Makanan merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Sehingga ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan saat hamil. Sebab, ada beberapa makanan yang tidak disukai oleh janin karena dapat membahayakan kesalamatannya. Untuk itu, bunda perlu menghindari beberapa makanan tertentu selama kehamilan untuk menjaga kesehatan bunda maupun janin.kira-kira apa saja ya makanan yang tidak disukai oleh janin di dalam kandungan?

Yuk, kita bahas bund..

1. Pepaya Mentah

Pepaya mengandung sumber vitamin A dan B, beta-karotin dan kalium yang dibutuhkan bagi tubuh. Namun sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi papaya yang masih mentah atau setengah matang. Sebab pepaya mentah mengandung getah atau lateks yang dapat mengganggu perkembangan janin hingga menyebabkan kontraksi.

2. Nanas

nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membuat leher rahim menjadi lunak sehingga dapat memicu kontraksi. Jadi ibu hamil khususnya ibu hamil pada trimester pertama sebaiknya hindari mengonsumsi olahan buah nanas ya bund. Apalagi jika nanas tersebut dikonsumsi secara berlebihan

3. Kepiting

Kepiting merupakan salah satu makanan laut yang memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil membatasi makan kepiting selama kehamilan untuk mencegah terjadinya penumpukan merkuri dalam darah. sebab penumpukan merkuri berpotensi masuk kedalam tubuh janin melalui plasenta.

4. Junk Food

Junk food merupakan makanan olahan yang terdapat pengawet dan minim gizi. Menurut para ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap efek junk food dalam kehamilan, risiko kesehatan bisa meningkat melalui jumlah lemak trans dan lemak terhidrogenasi yang dikonsumsi. Bahkan penelitian mengatakan bahwa seringnya mengonsumsi junk food menjadi salah satu faktor keguguran.

5. Daging Mentah

Daging merupakan salah satu makanan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan. namun hindari mengonsumsi daging mentah ya bun. sebab, daging yang dimasak belum matang dapat meningkatkan risiko terinfeksi bakteri yang berbahaya bagi kesehatan dan kehamilan. Risiko infeksi terhadap parasit akibat pengolahan daging yang kurang matangf juga dapat menyebabkan komplikasi serius pada kehamilan.

Nah itu dia bun, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi demi kesehatan bunda maupun janin di dalam kandungan.

Semoga sehat-sehat selalu ya bunda dan si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian

direview oleh: dr. Trifa Rahma Yulita